Detail Karya Ilmiah
-
Peran Sekolah Berbasis Pesantren Dalam Menanamkan Nilai Karakter Semangat Kebangsaan Pada Siswa Sekolah DasarPenulis : MabrurahDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran sekolah berbasis pesantren dalam menanamkan nilai karakter semangat kebangsaan pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah berbasis pesantren memiliki peranan dalam menanamkan nilai karakter semangat kebangsaan pada siswa sekolah dasar. Peranan tersebut dapat dilihat dari tiga aspek yaitu program sekolah, mata pelajaran dan pembelajaran, dan budaya dan pengkondisian sekolah. Program sekolah meliputi nonton bersama film kebangsaan, mengunjungi makam kiai, memperingati hari santri nasional, pelaksanaan upacara bendera. Mata pelajaran dan pembelajaran yaitu pengintegrasian nilai karakter semangat kebangsaan melalui RPP dan sistem pengelompokan siswa. Budaya dan pengkondisian sekolah meliputi budaya bersalaman terhadap guru, mengetuk pintu dan mengucap salam ketika akan masuk ke ruangan guru, menyanyikan atau memutar lagu syubbanul wathon setiap acara, penghormatan terhadap ilmu, memasang gambar pahlawan/kata motivasi, penyediaan buku berwawasan kebangsaan. Kendala yang dihadapi oleh SD Islam Ar-Rohimi yaitu kurangnya kesadaran dari siswa akan sikap semangat kebangsaan, kurang maksimalnya guru dalam menanamkan nilai karakter semangat kebangsaan dan kurangnya dukungan dari wali murid. Sedangkan solusi dari kendala di atas berupa teguran, sangsi, dan evaluasi. Kata Kunci: Pondok Pesantren, Karakter Semangat Kebangsaan, Siswa Sekolah Dasar
AbstractionThis research aims to know the role of pesantren-based schools in instilling the value of the character of national spirit in elementary school students. The research method used in the study is a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. The validity of the data uses triangulation of sources and techniques. The results show that pesantren-based schools have a role in instilling the value of the character of national spirit in elementary school students. This role can be seen from three aspects, namely the school program, subjects and learning, and culture and school conditioning. The school program includes watching with the national film, visit the kiai’s grave, commemorating the national santri day, doing the flag ceremony. Subjects and learning are the integration of the values of the character of the national spirit through RPP or lesson plan and student grouping systems. School culture and conditioning include shaking hands with the teacher, knocking the door and greeting when going into the teacher's room, singing or playing syubbanul wathon songs at every event, respecting about knowledge, putting up hero pictures/ motivational words, providing nationality-oriented books. The constraints faced by Ar-Rohimi Islamic Elementary School are the lack of awareness of students about the attitude of national spirit, the lack of a teacher in instilling the value of the character of national spirit and lack of support from student’s guardians. Meanwhile, the solution of the above constraints is in the form of warning, sanction, and evaluation. Keywords: Islamic Boarding School, National Spirit Character, Elementary School Students.