Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MODUL BERBENTUK MAJALAH BERORIENTASIKAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA SISWA KELAS III SDN GILI BARATPenulis : DESY IRFANIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana,S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Modul merupakan salah satu jenis bahan ajar yang berguna untuk mengajarkan siswa mandiri. Tujuan utama dari penelitian pengembangan ini yaitu untuk mengetahui kelayakan modul yang valid, praktis dan efektif. Prosedur penelitian ini menggunakan modifikasi model 4D. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu define, design dan development. Produk modul pada penelitian ini telah dilakukan validasi oleh beberapa ahli yaitu ahli desain media, ahli bahasa dan ahli materi. Produk modul ini dilakukan uji coba keterbacaan, perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Berdasarkan persentase gabungan kevalitan modul majalah dodo sebesar 80,04% (valid). Kepraktisan modul ditinjau melalui angket keteerlaksanaan RPP sebesar 95,83% (praktis). Efektifitas bahan ajar diukur menggunakan observasi KPS dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil observasi KPS diperoleh sebesar 74,00% (cukup terlatih). Angket respon siswa diperoleh sebesar 88,78 (siswa tertarik dan berminat). Kedua data titik ukur keefektifan dapat dikategorikan (efektif). Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbentuk majalah berorientasikan metode eksperimen untuk melatih keterampilan proses sains siswa kelas 3 SDN Giili Barat layak digunakan. Kata Kunci: Keterampilan Proses Sains, Metode Eksperimen, Modifikasi Model Pengembangan 4D, Modul.
AbstractionModule is one of the types of teaching materials that is useful for teaching students independently. The main objective of this research development is to develop a valid, practical, and effective module. The procedure of this study used modification of 4D model. Several stages used in this study namely define, design and development. The module product in this study has been validated by some experts namely media experts, linguist, and material experts. Legibility test, individual, small group, and big group test was conducted in this module product. Based on percentage combination of validity of dodo magazine module amounted to 80,04% (valid). The practicality of module reviewed via questionnaire implementation of lesson plan (RPP) amounted to 95,83% (practical). The effectiveness of teaching materials was measured by using the science process skills observation (KPS) and questionnaire of student response. Based on the result of science process skills observation (KPS) obtained 74,00% (fairly trained) and the questionnaire of student response obtained 88,78% (the students are interested and keen). Both data of measurement point of effectiveness can be categorized as (effective). Based on the results of the data it can be concluded that the module development in the form of magazine-oriented experimental method to train the science process skills of third grade student of SDN Giili Barat is feasible to use. Keywords: Science Process Skills, Experimental method, Modification of 4D model, Module.