Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri LabangPenulis : SRI WULANDARIDosen Pembimbing I : Moh Edy Nurtamam S.Pd, M.SiDosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo S.Pd, M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V UPTD SDN Labang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan Quasi Experiment Design dengan jenis The Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V UPTD SDN Labang Bangkalan yang berjumlah 44 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian dan lembar observasi aktivitas siswa dan observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, (1) Hasil analisis nilai pretest dan nilai postest kelas eksperimen menggunakan uji signifikan t hitung = 3,239 > t tabel = 2,093 maka Ho ditolak artinya terdapat pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Treffenger terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V UPTD SDN Labang. (2) Hasil uji determinasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,57, maka kontribusi yang disumbangkan Model Pembelajaran Treffenger terhadap Hasil Belajar siswa sebesar 32%. Kesimpulannya, Model Pembelajaran Treffinger berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar kelas V UPTD SDN Labang Bangkalan sebesar 32%
AbstractionThis research aim to know influence of treffinger learning modell toward to students study result on mathematic lesson in 5th grade UPTD primary school Labang. This research use quantitative Quasi Experiment Design with The Nonequivalent Control Group Design. Tehnic of sample taking use saturation sampling, so the sample are all the students in 5th grade UPTD primary school Labang Bangkalan that total 44 students. This research use instruments are study result test and observation student activity and teacher activity sheet. Basic on research result (1) result analisys use significant test t calculate = 3,239 > t table = 2,093 so Ha accepatnced it’s mean to be there is influence of treffinger learning modell toward to students study result on mathematic lesson in 5th grade UPTD primary school Labang. (2) Result of test determinate showing correlation coefficient is 0,57, so contribution of the Treffenger learning model toward to students study result is 32%. Conclusion Treffenger learning model toward to students study result on mathematic lesson in 5th grade UPTD primary school Labang is 23%