Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS LITERASI SAINS PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 9 SUBTEMA 2 “PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA” DI SDN DEMANGAN 1 BANGKALANPenulis : Atika AzmiDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd, M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiayana, S.Pd, M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan analisis literasi sains pada aspek sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan, sains sebagai jalan untuk menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, dan sains, teknologi, dan masyarakat dalam buku siswa kurikulum 2013 tema 9 subtema 2 kelas IV SDN Demangan 1 Bangkalan. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan kajian isi. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan sampel yang diteliti adalah materi IPA pada buku siswa tema 9 di subtema 2 pada pembelajaran 1 dan 3. Data penelitian ini diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian pada buku siswa kelas 4 kurikulum 2013 tema 9 subtema 2 “Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia” menunjukkan terdapat 97 pernyataan. Pada aspek 1 sains sebagai batang tubuh ilmu pengetahuan memiliki jumlah 41 pernyataan dengan persentase 42,27%. Pada aspek 2 sains sebagai jalan untuk menyelidiki memiliki jumlah 27 pernyataan dengan persentase 27,48%. Pada aspek 3 sains sebagai jalan untuk berpikir memiliki jumlah 9 dengan persentase 9,28%. Dan pada aspek 4 sains teknologi dan masyarakat memiliki jumlah 20 dengan persentase 20,62%. Total seluruh aspek yang diselediki berjumlah 97 pernyataan. Indikator yang paling banyak muncul adalah meminta siswa mengingat pengetahuan faktual. Hal ini terbukti dari hasil wawancara bahwa meminta siswa mengingat pengetahuan faktual terdapat banyak pernyataan pada buku siswa dan menurut hasil observasi pembelajaran, pengetahuan faktual disajikan dalam bentuk ceramah. Kata Kunci : Literasi Sains, Buku Teks, kurikulum 2013, kajian isi
AbstractionApproach of research use qualitative approach and use analysis content. This research use purposive sampling and sample is science content on student text book theme 9 in sub theme 2 at lesson 1 and 3.Data collection technique use observation, documentation, and interview. Result of research on student text book at 4th grade curriculum of 2013 theme 9 “Kayanya Negeriku” show on this text book there are 97 statements. Aspect 1 science as a body of knowledge totally 41 with percentage 42,27%. Aspect 2 science as a way of investigation there are totally 27 with percentage 27,28%. Aspect 3 science as a way of thinking there are totally 9 with percentage 9,28%. And aspect 4 science, technology, and society there are totally 20 with percentage 20,26%. Indicator science literacy aspect on student text book in 4th grade curriculum of 2013 theme 9 “Kayanya Negeriku” the most appear is asked the students to remember factual knowledge This is proved by interview that deliver fact there are so many in student book and by observation fact delivered by speech. Key words : Science Literacy, Text Book, Curriculum of 2013, Analysis Content.