Detail Karya Ilmiah

  • IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS IV SDN TUNGGUNJAGIR 1 MANTUP KABUPATEN LAMONGAN
    Penulis : Kiki Wulandari
    Dosen Pembimbing I : H. Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran IPS Melalui Permainan Tradisional di Kelas IV SDN Tunggunjagir 1 Mantup Kabupaten Lamongan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek kepala sekolah, guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode pembelajaran permainan tradisional bentengan kelas IV SDN Tunggunjagir I dalam pembelajaran IPS sudah menekankan kesenangan siswa, keaktifan siswa, kerjasama siswa dan langkah-langkahnya sudah sesuai dengan langkah-langkah yang di desain oleh Iwan Purwanto walaupun terdapat langkah-langkah yang dirubah disesuaikan dengan keadaan di kelas IV. Kekurangannya guru kesulitan dalam menerapkan materi yang banyak dalam satu pertemuan, membuat dua kelompok besar menjadikan guru harus perhatian penuh. Kelebihannya mampu meningkatkan minat serta ketertarikan siswa dalam pembelajaran, siswa termotivasi dalam belajar. Kegiatan dengan penerapan pembelajaran IPS melalui permainan tradisional mampu merubah keantusiasan siswa, siswa lebih aktif, kerjasama siswa dapat lebih terbentuk, serta menjadikan semangat belajar yang luar biasa. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Permainan Tradisional Bentengan

    Abstraction

    ABSTRACK The research aim to describe implementation of social studies learning through traditional game at 4 th grade SDN Tunggunjagir 1 mantup kabupaten Lamongan. Approach of research use qualitative approach with subjects are head master, teacher, and students. Data Data collection technique use observation, documentation, and interview. Result of research show that the implementation of traditional game learning method at 4 th grade SDN Tunggunjagir I in social studies learning has emphasized student pleasure, student activity, student collaboration and the steps are accurate with the steps has designed by Iwan Purwanto, even though the steps changed to adjust the condition of the IV class. The lack of teacher has difficulty in applying large amounts of material in one meeting, making two large groups made teacher must be full attention. The strengths can increase student’s interest in learning, students have motivated in learning. The activity with implementation of social studies learning through traditional game can change enthusiasm of the students, students are more active, students collaboration can be more formed, and made the spirit of learning extraordinary. Key words: Social Studies Learning, Traditional Game Bentengan

Detail Jurnal