Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKET SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 4 DI SD NEGERI TANJUNG JATI 1 KAMAL
    Penulis : Faradilla Dwi Cahyadini
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran maket sumber energi pada mata pelajaran IPA siswa kelas 4 di SD Negeri Tanjung Jati 1 Kamal yang layak. Kelayakan dalam penelitian ini ditinjau dari beberapa aspek yaitu validitas, kemenarikan, keefektifan, dan keterterapan media pembelajaran maket sumber energi. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi. Validitas media pembelajaran maket sumber energi diujicobakan kepada tiga validator yaitu ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 93% (sangat layak), ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 95% (sangat layak), dan ahli materi memperoleh persentase sebesar 95% (sangat layak). Kemenarikan media pembelajaran maket sumber energi diukur menggunakan angket siswa yang dilakukan pada uji coba produk memperoleh persentase sebesar 82% (sangat menarik), dan pada uji coba pemakaian memperoleh persentase sebesar 96% (sangat menarik). Keefektifan memperoleh persentase sebesar 95% (sangat efektif), dengan ketuntasan belajar sebesar 100%. Keterterapan memperoleh persentase sebesar 95% (sangat baik digunakan).

    Abstraction

    The purpose of this study was to develop learning media for energy sources in science subjects of grade 4 student in elementary school Tanjung Jati 1 Kamal. Feasibility in this study is reviewed from several aspects, namely validity, attractiveness, effectiveness, and the application of learning media to energy sources. This study uses a modified Borg and Gall model. The validity of learning media models of energy sources was tested on three validators, namely learning media experts obtained a percentage of 93% (very feasible), linguists obtained a percentage of 95% ( very feasible), and material experts obtained a percentage of 95% (very feasible). The attractiveness of learning media models of energy sources was measured using student questionnaires conducted on product trials obtaining a percentage 82% (very interesting), and in the trial usage the percentage wa 96% (very interesting). Efectiveness gets a percentage of 95% (very effective), with learning completeness of 100%. Applicability gets a percentage of 95% (very good to use).

Detail Jurnal