Detail Karya Ilmiah

  • Analisis Perbedaan Kemampuan Pemahaman Mambaca dan Perkembangan Sosial Pada Siswa UPTD SDN Banyuajuh 7 Input TK dan Non TK
    Penulis : MEGA ASMARA SARI
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Membaca pemahaman merupakan suatu kegiatan membaca yang tujuan utamanya adalah memahami bacaan secara tepat dan cepat. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman membaca seseorang dan sebagian besar dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan (kognitif) dan keterampilan masing-masing individu yang didukung oleh pengetahuan yang diperoleh sebelumnya. Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Diartikan juga sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma, moral, dan tradisi serta meleburkan diri menjadi suatu kesatuan yang saling berkomunikasi dan bekerjasama. Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak yaitu dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman membaca dan perkembangan sosial pada siswa UPTD SDN Banyuajuh 7 input TK dan non TK. Penelitian ini dilakukan di UPTD SDN Banyuajuh 7 Kamal Bangkalan. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, kemudian dicek kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Informan yang digunakan terdiri dari 18 informan utama dan 33 informan tambahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada kemampuan pemahaman membaca siswa kelas 3 siswa input TK mendapatkan nilai lebih besar dibandingkan dengan siswa non TK, pada kelas 4 siswa non TK mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa input TK, sedangkan kelas 5 siswa input TK mendapatkan nilai lebih tinggi dibandingkan dengan siswa non TK. Pada perkembangan sosial siswa kelas 3, 4, dan 5 memperoleh hasil bahwa siswa input TK telah memiliki perkembangan sosial lebih baik dibandingkan dengan siswa non TK. Kata kunci: Kemampuan pemahaman membaca, Perkembangan sosial, Input TK dan non TK

    Abstraction

    Reading comprehension is a reading activity whose main purpose is to understand reading correctly and quickly. The factors that affect one’s reading comprehension and are largery influenced by the level of intelligence (cognitive) and the skills of each person that is influenced by previously acquired knowledge. Social development is the achievement of maturity in social relations. Also interpreted as a learning process to adapt to norm, attitude and culture and merge into a unit that communicates and cooperates with each other. The factor that influence the children’s social development, namely from the environment of family, school and social/public environment. This study aims to find out the different in reading comprehension abilities and social development in students SDN Banyuajuh 7 input TK/kindergarten and non kindergarten. This research conducted in SDN Banyuajuh 7 Kamal Bangkalan. The kinds of research is descriptive qualitative with technique of data collection through the observe, interview, and documentation with purposive sampling method. The data analysis use the Mile and Huberman model, then checked the validity again using triangulation techniques and sources. The speaker/informants used consist of 18 main speaker/informants and 33 additional speaker/informants. Based on the result of this study, it can be concluded that the reading ability of grade 3 students input kindergarten has a greater value than non kindergarten. Student, in grade 4 students non kindergarten has a greater value than input student of kindergarten, while in grade 5 students input kindergarten has greater value than student non kindergarten. At social development grade 3, 4, 5 students obtain. The results that input kindergarten students have had better social development that non kindergarten students. Keywords: Reading comprehension, social development, input kindergarten and non kindergarten.

Detail Jurnal