Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP SELF REGULATED LEARNING SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG KELAS V SDN BATURONOPenulis : AINIYATUL FITHROHDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruangkelas V SDN Baturono. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 40 siswa sebagai sampel yaitu 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan observasi. Tahap-tahap yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji t independent, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap self regulated learning berdasarkan hasil perhitungan uji t independent t hitung = 2,12 dan t tabel = 2,02 dengan taraf signifikan ? = 5% dan koefisien determinasi sebesar 93,6%. Sesuai dengan kaidah pengujian t hitung = 2,12 > t tabel = 2,02 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil angket self regulated learning sesudah pembelajaran antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap self regulated learning siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun ruang kelas V SDN Baturono. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Self Regulated Learning, Pembelajaran Matematika.
AbstractionThe purpose of this research is to know whether the influence of learning model reciprocal teaching toward the self regulated learning students of learning mathematics material nature of waking properties class V SDN Baturono. This research is a quantitative research. The research design used in this research is quasi experimental design with type nonequivalent control group design. This research uses 40 students as sample that is 20 student in experiment class and 20 student in control class. Technique of collecting data in this research using questionnaire and observation. The stages used are validity, reliability, normality, homogenity, t-test independent, and coefficient of determination. The result of this research showed that the significant influence of learning model reciprocal teaching toward self regulated learning based t-test independent on the result of t test = 2,12 and t table = 2,02 with a significant level of ? = 5% and the coefficient of determination of 93,6%. In accordance with the rule of t test = 2,12 > t table = 2,02, so that Ho is rejected, this means that there is a significant difference in questionnaire self regulated learning after learning values between the experiment class and control class. It proves that there is a significant influence learning model reciprocal teaching toward the self regulated learning students of learning mathematics material nature of waking properties class V SDN Baturono. Keywoards: Learning Model Reciprocal Teaching, Self Regulated Learning, Mathematics Learning.