Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED DENGAN PEMANFAATAN BIOTEKNOLOGI TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS III SDN MLAJAH 2 BANGKALAN
    Penulis : DWI ALFIYANTI
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Pembelajaran dikatakan efektif apabila pembelajaran tersebut mampu untuk mencapai indikator efektifitas pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Indikator efektifitas pembelajaran meliputi (1) ketuntasan hasil belajar siswa (kemampuan berfikir kreatif) secara klasikal, (2) aktivitas siswa yang baik selama kegiatan pembelajaran, aktivitas guru selama kegiatan pembelajaran baik, (4) respon siswa yang positif selama kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran terpadu tipe nested dengan pemanfaatan bioteknologi terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas III SDN Mlajah 2 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Penentuan jumlah sampel dengan cara sampel sistematis untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian ini meliputi hasil belajar siswa (kemampuan berfikir kreatif siswa) yang tuntas secara klasikal dengan nilai 81% pada tes kemampuan befikir kreatif dan 92% pada penilaian unjuk kerja siswa. Aktivitas siswa selama dua pertemuan mempunyai rata-rata 33% dengan ketentuan baik. Aktivitas guru (keterlaksanaan pembelajaran) memiliki nilai rata-rata sebesar 3,7 dengan kriteria baik. Sedangkan respon yang diberikan siswa adalah respon positif dengan presentase sebesar 88%. Kata Kunci : Efektifitas Pembelajaran, Model Pembelajaran Terpadu Tipe Nested, Kemampuan Berfikir Kreatif

    Abstraction

    Learning is said to be effective if the learning is able to achieve indicators of learning effectiveness and learning objectives that have been set previously. Indicators of learning effectiveness include (1) mastery of students' learning outcomes (creative thinking ability) in a classical manner, (2) good student activity during learning activities, teacher activity during good learning activities, (4) positive student responses during learning activities. This study aims to determine the effectiveness of integrated learning model of nested type based on biotechnology creative thinking ability of third grade students of SDN Mlajah 2 Bangkalan. This research is a quantitative research with experimental method, research design used is Pretest-Posttest Control Group Design. Determination of the number of samples by means of systematic samples to determine the experimental class and control class. The results of this study include student learning outcomes (creative thinking ability students) who completed the classical with 81% value on the test creative ability and 92% in the assessment of student performance. Student activity for two meetings has an average of 33% on good terms. Teacher activity (learning implementation) has an average score of 3.7 with good criteria. While the response given by students is a positive response with a percentage of 88%. Keywords: Effectiveness of Learning, Integrated Learning Model Nested Type, Creative Thinking Ability

Detail Jurnal