Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDAMPING BERBASIS KEARIFAN LOKAL ROKAT TASE’ PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU (SUBTEMA 2) KELAS IV SDN KLAMPIS BARAT BANGKALAN
    Penulis : Indun Dwi Wastuti
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Buku ajar pendamping merupakan buku pendamping yang digunakan sebagai pendamping buku tematik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami budaya lokal Rokat Tase’ yang ada di lingkungan tempat tinggal siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang layak digunakan dari segi kelayakan, keefektivan, kemenarikan dan mudah digunakan dalam pelaksanaannya di SDN Klampis Barat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji coba kelayakan buku ajar dari validator yaitu ahli materi 80%, ahli bahasa 83%, ahli media pembelajaran 93%, dan ahli desain pembelajaran 94% dengan kategori sangat layak. (2) Hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba produk 91,7% dan uji coba pemakaian 90% dengan kategori sangat menarik. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa pada uji coba produk dan uji coba pemakaian. Pada uji coba produk, hasil observasi aktivitas guru sebesar 97,3% dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 89%. Pada uji coba pemakaian, hasil observasi aktivitas guru sebesar 98,3% dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 95% dengan kategori sangat efektif. (4) Hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru sebesar 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah buku ajar pendamping berbasis kearifan lokal Rokat Tase’ sangat layak digunakan sebagai pendamping Tema 7 pada subtema 2 kelas IV di SDN Klampis Barat.

    Abstraction

    The companion of textbooks is a companion book that used as a thematic book companion that is intentionally used as an intermediary between teacher and student in understanding the local culture of Rokat Tase' in the student residence environment. this study aims to develop a textbook that is worthy of use in terms of feasibility, effectiveness, attractiveness and easy to use in implementation on SDN Klampis Barat. This research used Borg and Gall development model that has been adapted by Sugiyono. The results of this study indicate that: (1) The result of the experimental test of the validity of textbooks of the material experts is 80%, 83% linguist, 93% learning media expert, and 94% design learning expert with very decent category. (2) The result of the attractiveness test based on the student's response on the product trial 91,7% and 90% usage test with very interesting category. (3) Result of effectiveness test based on observation of teacher and student activity on product trial and trial usage. In product trial, the observation result of teacher activity is 97,3% and student activity observation result is 89%. In trial usage, observation result of teacher activity equal to 98,3% and student activity observation result is 95% with very effective category. (4) The result of practicality test based on teacher response is 94% with very practical category. The conclusion of this research is the companion of textbook based on local wisdom of Rokat Tase' very feasible to be used as the companion of theme 7 in subtheme 2 class IV in SDN Klampis Barat.

Detail Jurnal