Detail Karya Ilmiah

  • Profil Kecerdasan Interpersonal Siswa yang ditinggalkan orang tua Kandung sejak Kecil
    Penulis : Anisa Faradillah Ayu
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardani. S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kecerdasan interpersonal siswa yang ditinggalkan orang tua kandung sejak kecil di SDN Bancaran 1 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis kualitatif deskriptif dengan subjek siswa yaitu MR, IB dan MD dengan menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang ditinggalkan orang tua kandungnya sejak kecil terlihat pada aspek yang pertama yaitu sensitivitas sosial (social sensitivity), siswa belum mampu berempati dan memahami perasaan orang lain, karena siswa mengabaikan temannya yang sedang sedih. Kemudian pada aspek yang kedua yaitu interaksi sosial (social insight), siswa belum mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan dan belum mampu dalam memecahkan masalah, karena siswa cenderung tidak peduli dengan orang disekitarnya, sedangkan dalam aspek yang ketiga yaitu komunikasi sosial (social communication), siswa belum mampu menjadi pendengar yang baik, karena siswa belum mampu untuk menjelaskan kembali apa yang siswa dengar. Peran kedua orang tua, teman sebaya dan sekolah juga sangat diperlukan untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Kata kunci : kecerdasan interpersonal, siswa sekolah dasar, orang tua

    Abstraction

    ABSTRAK This observasional Sims to know the inteligence of interpersonal student that abandoned by parents since a child ini Bancaran 1 Elementary School, Bangkalan regional. This observation used describtive qualitative approach with MR, IB and MD as the subject using purposive sampling to collect the data. Moreover the techniques of collecting data thag ia used such as observation, Conversation, and documenting. Techniques of analisis data that is used such as data reduction, data display, and concluding. For data validation used technique triangulation and source of triangulation. Result of this observation shows student that abandoned by parents since a child that less intelligence interpersonal. It seen from the indicator from the third intelligence interpersonal aspect that shows third of the students unable to fill the indicators such as social sensivity aspect, the indicator that able to understand other peoples feeling. The second, social insight, in this indicator, person able to adapt with the environtment and break the obstacles, event ini the third aspect is social communication, the indicator become a good listener. The role of both parents, peers and school is also very necessary to develop students' interpersonal intelligence. Keyword: interpersonal intelligence, student of elementary school, parents

Detail Jurnal