Detail Karya Ilmiah
-
Hubungan Intensitas Mengikuti Bimbingan Belajar di LBB dengan Kemandirian Belajar SiswaPenulis : Yunaida SafitriDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas siswa mengikuti bimbigan belajar di LBB dengan kemandirian belajar siswa . Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode noneksperimen dengan jenis deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa di LBB Ganesha Operation Bangkalan melalui teknik pengambilan sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket Intensitas Siswa Mengikuti Bimbingan Belajar di LBB, angket Kemandirian Belajar Siswa, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan uji korelasi product moment dan uji signifikasi diperoleh data koefisien korelasi sebesar 0,730. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung (6,164) > ttabel (2,023) maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian artinya terdapat hubugan positif dan signifikan antara intensitas mengikuti bimbingan belajar di LBB dengan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: Intensitas Belajar, Intensitas Mengikuti Bimbingan Belajar di LBB, Kemandirian Belajar
AbstractionThe research aims to know about the conection between the intensity of joining the tutoring in LBB by independence student learning. Tipes of this research is non-experimental quantitative research by descriptive quantitative method. The sample of this research are 40 students in LBB Ganesha Operation Bangkalan through saturated sampling technique. The Data collection using questionnaire instrument Student Intensity Joining Tutoring at LBB, Question Independence Student Learning, interview, and documentation. Based on the results of research, using product moment correlation test and significance test obtained correlation coefficient data of 0.730. The results of analysis using a significant test tcount (6.164)> ttabel (2.023) then Ho rejected and Ha accepted, its means there is an conection between the intensity of joining the tutoring in LBB by independence student learning. Key words: Learning intensity, intensity of joining the tutoring in LBB, independence student learning.