Detail Karya Ilmiah
-
HUBUNGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV, V DAN VI DI SDN TANJUNGJATI I KAMALPenulis : GITA HOLANDA SARIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd,Dosen Pembimbing II :Mahmud S.IP., M.Si.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencemaran lingkungan (udara dan suara) di SDN Tanjungjati I Kamal, prestasi belajar siswa kelas IV, V, VI di SDN Tanjungjati I Kamal, dan untuk mengetahui hubungan pencemaran lingkungan (udara dan suara) dengan prestasi belajar siswa kelas IV, V, VI di SDN Tanjungjati I Kamal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode non eksperimen dengan jenis asosiatif. Sampel penelitian ini sebanyak 67 siswa kelas IV, V dan VI SDN Tanjungjati I dengan populasi seluruh anggota sampel. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket pencemaran lingkungan, wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji korelasi product moment dan uji signifikansi diperoleh data koefisien korelasi sebesar -0,402. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung = - 3,542 > ttabel = 1,997 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian artinya terdapat hubungan negatif dan signifikan antara pencemaran lingkungan dengan prestasi belajar siswa. Kata Kunci: Pencemaran Lingkungan, Prestasi Belajar
AbstractionThis research aims to determine the environmental pollution (air and sound) in Tanjungjati I Kamal Elementary School, the learning achievements of students in class IV, V, VI at Tanjungjati I Kamal Elementary School, and to find out the relationship between environmental pollution (air and sound) and students' achievement , V, VI at SDN Tanjungjati I Kamal. This type of research is a quantitative non-experimental method with an associative type. The sample of this research was 67 students of grade IV, V and VI SDN Tanjungjati I with a population of all sample members. Data collection uses environmental pollution questionnaire instruments, interviews, documentation and observation. Based on the results of the research using product moment correlation test and significance test obtained data correlation coefficient of -0.402. The results of the analysis using significant test tcount = - 3,542 > ttable = 1,997 then Ho is rejected and Ha is accepted. And, it means that there is a negative and significant relationship between environmental pollution and student achievement. Keywords: Environmental Pollution, Learning Achievement