Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS KARAKTER KEAGAMAAN SISWA SD YANG MENGIKUTI MADRASAH DINIAH (Studi Kasus di SDN Bancaran 4 Bangkalan)
    Penulis : ALI MASUDI
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter keagamaan siswa SD Negeri Bancaran 4 yang mengikuti Madrasah Diniah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil subyek penelitian yakni, siswa kelas I-V, guru pendidikan Agama, orang tua siswa, dan ustaz Madrasah Diniah. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter keagamaan siswa 1) Karakter keagamaan pada aspek iman ditunjukkan dengan berdoa sebelum melakukan kegiatan, membaca tasbih, dan mengetahui asmaul husna, mengetahui nama serta tugas malaikat, mengetahui nama kitab beserta Rasulnya, membaca Alquran, dan hafal surat-surat pendek, menghafal nama-nama Nabi, Mengetahui serta hafal sifat-sifat Rasul, mengetahui kisah teladan para Nabi, dan menjawab selawat ketika mendengar nama Nabi Muhammad SAW, mengetahui adanya kematian dan kehidupan alam kubur, mengetahui hari pembalasan, dan mengetahui surga dan neraka, saat bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” dan bersabar dengan mengucap “Astagfirullah”. 2) Karakter siswa pada aspek Islam ditunjukkan dengan siswa mampu mengucapkan dua kalimat syahadat, melaksanakan salat 5 waktu, mengetahui jumlah zakat yang harus dibayarkan, berpuasa dibulan Ramadan, namun siswa belum mengetahui pelaksanaan ibadah haji. 3) Karakter siswa pada aspek Ihsan ditunjukkan dengan melaksanakan tahlilan dan Salat duha. Melakukan kegiatan karena Allah ditunjukkan dengan berangkat madrasah, salat tanpa diperintah dan tanpa imbalan. 4) Karakter siswa pada aspek Ilmu ditunjukkan dengan belajar membaca Alquran baik tafsir dan tajwidnya. 5) Karakter siswa pada aspek amal ditunjukkan dengan melakukan amal saleh kepada orang tua, kepada teman seusia, kepada diri sendiri dan amal saleh terhadap lingkungan.

    Abstraction

    This study aims to describe the character of elementary school students of Bancaran 4 studying at private school (Madrasah Diniah) . This study uses qualitative research design. The sources of the study are students of class IV, teachers of religious education, the parents, and Uztaz in Madrasah Diniah. Method of data collection takes observation, interview, and documentation. Whereas, the data analysis is data reduction, data display, and conclusion. The Validity test of the study uses technique triangulation and sources. The results of this study indicate that the character of religious students 1) The faith in god is shown by praying before doing the particular activity, reciting Tasbih, and knowing the Asmaul Husna. The faith in angels is shown by knowing the names and duties of angels. The faith in the book of God (Alquran) is shown by knowing the name of the holy book and His prophets, reciting the Qur'an, and memorizing a few chapter of holy book (Quràn). The faith in Prophets and Messengers is demonstrated by memorizing the names of the Prophet of Allah, Knowing and memorizing the Prophet's qualities, knowing the examples of prophets and answering sholawat when hearing the name of Prophet Muhammad (SAW). The faith in the Day of Resurrection is shown by knowing the death and the grave's natural life, knowing the day of vengeance, and knowing heaven and hell. The faith in qodo and qodar is by saying "Alhamdulillah" and be patient by saying "Astagfirullah”. 2) The Character of students on the aspect of Islam is shown by students are able to say two sentences of shahadat, to pray 5 times a day, to know the amount of zakat to be paid, to fast in Ramadan, hoever the students haven’t known the implementation of “haji”. 3) The character of the students on the aspect of Ihsan is indicated by practicing sunnah worship such as tahlilan and solat duha. Doing an activity for Allah (God) only is shown by taking private school (Madrasa diniyah) and prayers without command and reward. 4) Character of students on aspects of Science is shown by learning to recite the Qur'an both tafsir and its tajwid. The character of the student on the aspect of charity is shown by doing good deeds to parents, to friends of equal age, to hisself/herself and his/her charity to the environment.

Detail Jurnal