Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN LAGU EDUKASI MATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT DI KELAS V SDN KELEYAN 1 SOCAH
    Penulis : PUTRI DIAH KUSUMA WARDANI
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Media pembelajaran merupakan alat bantu berupa fisik maupun nonfisik yang sengaja digunakan sebagai perantara antara guru dan siswa dalam memahami materi pelajaran agar lebih efektif dan efisien. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media audio tentang bangun ruang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lagu edukasi matematika dengan metode edutainment yang layak digunakan dari segi kevalidan lagu, kemenarikan, keefektifan, dan mudah digunakaan dalam pelaksanaannya di SDN Keleyan 1 Socah. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah di adaptasi oleh Sugiyono. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil uji kevalidan media dari validator yaitu ahli materi pembelajaran 98,67%, ahli media pembelajaran 94,67%, dan ahli desain pembelajaran 90,67% dengan kategori sangat valid, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada ujicoba produk 96,67% dan ujicoba pemakaian 97,50% dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil observasi aktifitas guru dan pada ujicoba produk dan pemakaian. Pada ujicoba produk, hasil observasi aktivitas guru 100% dan observasi aktivitas siswa 96,34%. Pada ujicoba pemakaian, hasil observasi aktivitas guru 100% dan observasi aktifitas siswa 96,25% dengan hasil ketuntasan klasikal siswa 96,88% dengan kategori sangat efektif, (4) hasil uji kepraktisan berdasarkan respon guru sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran Lagu Edukasi Matematika sangat layak digunakan untuk materi bangun ruang siswa kelas V di SDN Keleyan 1 Socah. Kata Kunci : Media Pembelajaran Lagu Edukasi Matematika, Bangun Ruang, Pembelajaran Matematika

    Abstraction

    Learning media is a tool in the form of physical and non-physical which deliberately used as an intermediary between teachers and students in understanding the subject matter to be more effective and efficient. The media developed in this research is audio media about geometry. This study aims to develop a mathematical educational song with edutainment method which is worthy of use in terms of song validity, attractiveness, effectiveness, and easy to be use in implementation at SDN Keleyan 1 Socah. This research uses Borg and Gall development model that has been adapted by Sugiyono. The result of this research shows that: (1) The result of media validity test from validator that is learning material expert 98,67%, learning media expert 94,67%, and design expert of learning 90,67% with very decent category, (2) test result attractiveness based on student response on product test 96,67% and 97,50% usage test with very interesting category, (3) result of effectiveness test based on observation result of teacher activity and on product and usage trial. In product trial, observation result of teacher activity 100% and observation of student activity 96,34%. In experimental usage, observation activity of teacher activity 100% and observation of student activity 96,25% with student classical result 96,88% with very effective category, (4) result of practical test based on teacher response 100% with very practical category. The conclusion of this research is the learning media of Mathematics Education is very feasible to be used for the material of class V students in SDN Keleyan 1 Socah. Keywords: Learning Media of Mathematics Education Song, Geometry, Mathematics Learning

Detail Jurnal