Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PENANAMAN NILAI KERJASAMA SISWA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA KELAS IV SDN DUYUNGAN IPenulis : NUR IZATINDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTI, S.SOS., M.SI.Dosen Pembimbing II :UMI HANIK, S.PD., MPD.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai kerjasama anak melalui permainan tradisional di SDN Duyungan I. penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian dengan mendeskripsikan dan menganalisis informasi berdasarkan fakta dan keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian dilakukan dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analis data dalam penelitian ini menggunakan analis data model Milles and Huberman. Sementara uji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasiil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai kerjasama anak melalui permainan tradisional sudah sangat baik. Hal ini diketahui dari Kerjasama yang terjadi pada pembelajaran pelajaran IPS ini dilakukan oleh dua siswa bahkan lebih yang saling berinteraksi, menggabungkan tenaga serta ide, dan pendapat dalam waktu pembelajaran berlangsung untuk mencapai sebuah tujuan memahami materi yang disampaikan dan tertanamnya nilai kerjasama. Melalui sebuah permainan tradisional yang memiliki nilai kerjasama yang tinggi diantaranya permainan gobag sodor, cublak-cublak suweng, dan obak boi dimana permainan ini tidak dapat dimainkan apabila hanya ada satu anak yang bermain. Sehingga melalui permainan tradisional ini nilai kerjasama siswa dapat tertanam dan dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari siswa. Tertanamnya nilai kerjasama siswa ini membuat pembelajaran di kelas semakin aktif dan hasil belajar yang tinggi. KATA KUNCI: Nilai Kerjasama, Permainan Tradisional, Ilmu Pengetahuan Sosial
AbstractionThis research aims to reveal the development of children cooperation value through traditional games in SDN Duyungan I. this research used descriptive qualitative by describing and analyzing the information based on fact and true condition when the research is done. Technique of collecting the data used observation, interview, and documentation. Technique of analyzing the data used Milles and Huberman model. Meanwhile, the validity test to research data used technique and source triangulation. The result shows that the growth of children cooperation value through traditional games is very good. It is proven by cooperating happened on learning of social science which has been done by two students even more interacting and combaining energy, ideas, and thoughts each other in learning progress to reach a goal of material understanding given and imprinted cooperation value. Through a traditional game which has the high cooperation value, such as gobag sodor, cublak-cublak suweng, and obak boi in wich these games can not be played by a single player. Hence, through these traditional games, cooperation value of the students can be imprinted and it can be applied in students daily activities. The development of students cooperation value make the learning process more active and get the higher of learning result. Keyword : Cooperation Value, Traditional Games