Detail Karya Ilmiah

  • PERAN MADING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS III SDN MORKONENG 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
    Penulis : IRA SAIDHATUS SOFI
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN,S.Pd.,M.Pd
    Dosen Pembimbing II :ANDIKA ADINANDA SISWOYO, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Ira Saidhatus Sofi. 2019. Peran Mading Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan Tahun Pelajaran 2018-2019. Skripsi, Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Sulaiman, S.Pd., M.Pd Pembimbing II Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana Peran Mading Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan Tahun Pelajaran 2018-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 4 informan yang terdiri dari guru dan siswa kelas 3 SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran mading dalam meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas III SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan tahun pelajaran 2018-2019 berperan sebagai referensi siswa dalam membantu penguasaan kosa kata untuk mengarang sebuah cerita. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala-kendala yaitu:motivasi, mengetahui unsur yang sesuai pada jenis tulisan narasi. Kata Kunci: Peran Mading, Keterampilan menulis narasi

    Abstraction

    Ira Saidhatus Sofi. 2019. Peran Mading Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan Tahun Pelajaran 2018-2019. The role of bulletin in improving the narrative writing skills of students in grade 3 at SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan. Essay, Primary School Teacher Education Study Program,Faculty of Education, UniversitasTrunojoyo Madura University . Conselor I: Sulaiman, S.Pd., M.Pd. Conselor II Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research aims to know and describe how the role of Mading in Improving student narrative writing skills on grade 3 of SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan in the period 2018-2019. The study used a qualitative approach by Research subject of 4 informants consisting of teacher and Grade 3 students at SDN Morkoneng 1 Kwanya Bangkalan. The data collection techniques used observation, interview, and documentation. The results showed which the role of mading in improving Narrative writing skills of grade III students at SDN Morkoneng 1 Kwanyar Bangkalan in period 2018-2019. The role as refrence student in helping to mastery vocabulary to compose a story. However, there are still some obstacles: motivation, knowing the elements of Appropriate type of narrative writing. Keywords: Role of Mading, Narrative writing skills

Detail Jurnal