Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh model CLIS (Children Learning In Science) berbasis RME (Realistic Mathematics Education) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Pademawu barat 1 Pamekasan
    Penulis : Ahmad Khairul Mahmudi
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :: Isna Ida Mardiana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kristis siswa pada mata pelajaran matematika yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model CLIS (Children Learning In Science) berbasis RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment jenis non-equivalent control group desaign. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan yang berjumlah 44 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 5,2556 > ttabel = 2,018 . Dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kristis siswa pada mata pelajaran matematika yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model CLIS (Children Learning In Science) berbasis RME (Realistic Mathematics Education) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jadi dapat disimpulkan bahwa, terdapat pengaruh pembelajaran dengan model CLIS (Children Learning In Science) berbasis RME (Realistic Mathematics Education) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan.

    Abstraction

    This research aims to know there was different about student’s critical thinking skill to mathematic lesson in class that could be using children learning in science model (CLIS) based on Realistic Mathematics Education (RME) with class that use convensional learning. This research was quantitative research with held on class V of SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan with 44 students. The sampling technique in this research used non probability sampling’s tecnique with saturated metod. Data collection used instrument like test and observasion. Based on hipotesis test used t-test on sig 5% was t hitung = 5, 2556 > t tabel = 2,018. It means, there was diferent beetween student’s critikal thinking skill in class with CLIS models based RME and class with convensional learning. So, it can be concloded that threre was effeck about learning with use CLIS models based RME to student’s critical thinking skills on class V of SDN Pademawu Barat 1 Pamekasan.

Detail Jurnal