Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Keterampilan Sosial Siswa terhadap Penerimaan Teman SebayaPenulis : Aulia ChasanahDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Keterampilan Sosial Siswa (variabel X) terhadap Penerimaan Teman Sebaya (variabel Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimen dengan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 57 siswa di SDN Tanggul Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo melalui teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan lembar wawancara Keterampilan Sosial Siswa dan Penerimaan Teman Sebaya. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji signifikasi diperoleh data persamaan regresi linier sederhana kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 12,939+0,795X dengan nilai r = 0,82. Hasil analisis menggunakan uji signifikan t hitung (10,182) > t tabel (2,004) maka Ho ditolak, dengan demikian artinya terdapat pengaruh antara Keterampilan Sosial Siswa terhadap Penerimaan Teman Sebaya. Kata Kunci:Keterampilan sosial siswa,Penerimaan teman sebaya
AbstractionThe purpose of this research is to know the effects of the Student’s Social Skill (variable X) towards the Acceptance of Companion (variable Y). The type of this research is nonexperimental quantitative research with descriptive quantitative as the method. It took 57 students in Tanggul State Elementary School ofWonoayu, Sidoarjo as the sample through saturation sampling. The data were collected using questionnaire and interview about the Student’s Social Skill and the Acceptance of Companion. Based on the results from using simple linear regression test and signification test, it acquired the equation of simple linear regression contributed the X variable toward the Y variable in amount of Y = 12,939+0,795X with the value r = 0,816. The result of this analysis used the significance test t count (10,182) > t table (2,004) then Ho is rejected, thus it means there are the effects of the Student’s Social Skill towards the Acceptance of Companion. Keywords: the Student’s Social Skill, the Acceptance of Companion