Detail Karya Ilmiah

  • PROBLEMATIKA SEKOLAH DASAR NEGERI BANYUAJUH 06 DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013
    Penulis : Ria Rosida
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan problematika Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 06 dalam menerapkan Kurikulum 2013, (2) Untuk mendeskripsikan solusi alternatif yang telah dilakukan oleh Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 06 dalam mengatasi problematika penerapan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru yang telah menerapkan Kurikulum 2013 yaitu di kelas I, II, IV dan V, serta beberapa siswa di kelas I, II, IV dan V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dilapangan kemudian direduksi dan ditriangulasikan kemudian dilakukan analisis oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan bahwa penerapan Kurikulum 2013 di SDN Banyuajuh 06 belum maksimal, hal tersebut terlihat dari banyaknya problematika yang dimiliki oleh Sekolah Dasar Negeri Banyuajuh 06 meliputi: (1) Kepala sekolah dalam pembinaannya baik kepada guru maupun kepada siswa masih mengalami kendala, (2) Guru dalam pelaksanaan pembelajarannya meliputi: ketersediaan buku teks pembelajaran yang kurang, pengelolaan kelas yang belum maksimal, serta masih kesulitan dalam pelaksanaan penilaian autentik, (3) Siswa yang kurang disiplin dan kurangnya tanggung jawab dalam hal belajar, (4) Sarana dan prasarana yang masih kurang di SDN Banyuajuh 06 sehingga penerapan Kurikulum 2013 belum terlaksana dengan maksimal. Kata Kunci : Problematika, Sekolah Dasar, Kurikulum 2013

    Abstraction

    The purpose of this research are (1) to describe problematic of Banyuajuh 06 State Elementary School in applying Curriculum 2013, (2) to describe alternative solution which has been done by Banyuajuh 06 State Elementary School in overcoming problematic of applying Curriculum 2013. This research used descriptive qualitative approach . Informants in this research are principals, teachers who have applied the Curriculum 2013 in class I, II, IV and V, and some students in class I, II, IV and V. Data collection techniques used are observation techniques, interviews, and documentation. Data obtained in the field and then reduced and triangulated then conducted analysis by researchers. Based on the results of field research which the application of Curriculum 2013 in SDN Banyuajuh 06 is not maximal yet, it can be seen from many problematic that is owned by Banyuajuh 06 State Elementary School covering: (1) Headmaster in the guidance both to teacher and to student still experience constraint, 2) Teachers in the implementation of learning include: the availability of textbooks less learning, management classes that have not maximized, and still difficult in the implementation of authentic assessment, (3) Students who lack discipline and lack of responsibility in terms of learning, (4) Facilities and infrastructure which is still lacking in SDN Banyuajuh 06 so that the implementation of Curriculum 2013 has not been implemented maximally. Keywords: Problematic, Elementary School, Curriculum 2013

Detail Jurnal