Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR KELAS V UPTD SDN 1 LABANG
    Penulis : YUNITA ZULVIATI
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin,S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana,S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan. Oleh karena itu peneliti mencoba menerapkan model Quantum Learning yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Populasi dan sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa/siswi kelas V UPTD SDN 1 Labang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa tema 6 subtema suhu dan kalor kelas V UPTD SDN 1 Labang. (2) mengetahui motivasi belajar siswa menggunakan model Quantum Learning. Data penelitian diperoleh dari pretest dan postest, lembar aktivitas siswa dan angket motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis penelitian untuk hasil belajar siswa menggunakan uji-t dengan hasil hitung thitung = 6,099 > ttabel = 2,064, maka Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang menggunakan model Quantum Learning dengan kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan berdasarkan rata-rata motivasi belajar kelompok eksperimen pertemuan I sebesar 3,31 dengan kategori baik sedangkan pada pertemuan II sebesar 3,76 dengan kategori baik, hal ini menunjukkan bahwa motivasi siswa meningkat setelah menerapkan model Quantum Learning. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada kelompok eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning berada pada kategori baik dan terlaksana dengan baik. Kata Kunci : Model Quantum Learning, Hasil Belajar dan Motivasi Siswa

    Abstraction

    This research is motivated by the inaccuracy of the applied learning model. Therefore researchers try to apply the Quantum Learning model that can create an effective and enjoyable learning environment. The population and sample used are all students of class V UPTD SDN 1 Labang. The purpose of this research is to : (1) knowing the effect of the Quantum Learning model on student learning outcomes theme 6 sub-theme temperature and heat in class V UPTD SDN 1 Labang. (2) knowing how student learning motivation uses Quantum Learning models. The data of this research were obtain from the pretest and posest, student activity observation sheet, and student motivation questionnaire. Testing the research hypothesis for student learning outcomes using the t-test with calculated result t count = 6.099 > t table = 2,064, than Ho is rejected and Ha is accepted and can be concluded that there is a difference between the experimental group using the quantum learning midel and the control group that uses conventional learning o student leraning outcomes. Whereas based on the average learning motivation of the experimental group I meeting was 3.31 in the good category while in the second meeting it was 3.76 in the good category, this shows that student motivation increased after applying the Quantum Learning model. From the explanation above, it can be concluded that student learning motivation in the experimental group using the Quantum Learning learning model is in the good and well-implemented category. Keywords : Quantum Learning Model, Learning Outcomes and Student Motivation

Detail Jurnal