Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH PENGGUNAAN BAHASA MADURA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN BANDUNG 01 KONANG BANGKALAN
    Penulis : ANIYATUL ROHMAH
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :ANDIKA ADINANDA SISWOYO S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Bahasa Madura (variabel X) terhadap Keterampilan Berbicara Siswa (variabel Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif noneksperimen dengan metode kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 22 siswa dengan melalui teknik pengambilan sampel Sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket Penggunaan Bahasa Madura dan Keterampilan Berbicara serta dokumentasi berupa data Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, menggunakan uji regresi linier sederhana, uji signifikasi dan uji determinasi diperoleh data persamaan regresi linier sederhana kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar Y = 14,87+0,333X. Hasil analisis menggunakan uji signifikan thitung (2,713) > ttabel (2,086) maka Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian artinya terdapat pengaruh antara Penggunaan Bahasa Madura terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Dengan uji determinansi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,519, maka kontribusi yang disumbangkan variabel X terhadap variabel Y sebesar 26,9%. Kata Kunci: Penggunaan Bahasa Madura, Keterampilan Berbicara

    Abstraction

    This research aim to determined the effect of Using Madurese language (variable X) on student speaking skills (variable Y). This type of this research is non-experimental quantitative research with descriptive quantitative method. The sample of this research is 22 students used sampling saturated technique. The collecting data used questionnaire instruments of using Madurese language and speaking skills as well as documentation in the form of student data. Based on the results of research used a simple linear regression test, significance test and determination test obtained data of simple linear regression equation contribution of X variable to variable Y for Y = 14.87 + 0.333X. The results of analysis used a significant test tcount (2.713)> t-table (2.086) then H0 rejected and Ha accepted, thus means there is influence between using Madurese Language and student speaking skills. The determinant test showed the correlation coefficient amount 0,519, then the contribution of the variable X to Y amount 26.9%. Keywords: Using Madurese Language, Speaking Skills

Detail Jurnal