Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH KECERDASAN MATEMATIS LOGIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V GUSLAH 2 KECAMATAN BANGKALAN
    Penulis : Desy Rezky Lestari
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Faktor tersebut dapat berasal dari luar maupun dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu faktor dari dalam adalah kecerdasan, menurut Howard Gardner kecerdasan ada sembilan macam, salah satunya adalah kecerdasan matematis logis. Kecerdasan matematis logis berkaitan dengan nalar logika dan matematika sehingga akan memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika yang diraih disekolah.Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode non eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 197 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V Guslah 2 Kecamatan Bangkalan yang memiliki kecerdasan matematis logis yaitu sebanyak 132 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive random sampling. Pengumpulan data menggunakan teknik tes. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana dengan kontribusi yang disumbangkan Kecerdasan Matematis Logis terhadap Hasil Belajar Matematika sebesar Y= 55,16+0,93X. Hasil analisis menggunakan uji signifikansi thitung (4,55) > ttabel (0,1986) maka disimpulkan bahwa H0 ditolak, artinya ada pengaruh yang signifikan kecerdasan matematis logis terhadap hasil belajar siswa kelas V Guslah 2 Kecamatan Bangkalan. Berdasarkan uji determinasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,371, maka kontribusi yang disumbangkan antara Kecerdasan Matematis Logis terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa sebesar 13,8%

    Abstraction

    This research is motivated by the many factors that influence student learning outcomes. These factors can come from both inside and outside the students themselves. One of the factors within is intelligence, according to Howard Gardner, there are nine kinds of intelligence, one of which is logical mathematical intelligence. Logical mathematical intelligence is related to logic and mathematical reasoning so that it will influence the learning outcomes of mathematics achieved at school.The purpose of this study is to determine the effect of logical mathematical intelligence on student learning outcomes. This study uses a quantitative method of non-experimental methods. The population in this study amounted to 310 students. The sample used was all fifth grade students of Guslah 2, Bangkalan District. The sampling technique was purposive random sampling. Data collection uses test techniques. The data that has been collected is then analyzed using statistical tests. Based on the results of a simple linear regression test with contributions contributed by Logical Mathematical Intelligence to Mathematics Learning Outcomes of Y = 55.16 + 0.93X. The results of the analysis used the significance test of tcount (4.55)> ttable (0.1986). It was concluded that H0 was rejected, meaning that there was a significant effect of logical mathematical intelligence on the learning outcomes of class V students of Guslah 2 in Bangkalan District. Based on the determination test shows the correlation coefficient of 0.371, then the contribution contributed between Logical Mathematical Intelligence on Student Mathematics Learning Outcomes is 13.8%

Detail Jurnal