Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS III SDN PEJAGAN 1 BANGKALAN
    Penulis : Faedhany Musdholifah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Pejagan 1 Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest, dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan atau uji t diperoleh t_hitung = 3,596 dan t_tabel = 2,008. Berdasarkan tabel distribusi t dapat disimpulkan jika t_(hitung )= 3,596 > t_(tabel' )= 2,008 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Pejagan 1 Bangkalan. Hasil keaktifan belajar siswa pada pertemuan pertama menunjukkan persentase sebesar 71,60% kategori baik. Petemuan kedua menunjukkan persentase sebesar 86,17% kategori baik. Uji gain ternormalisasi hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) mengalami peningkatan dengan rata rata 0,570 kategori sedang. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas III SDN Pejagan 1 Bangkalan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan observasi. Data penelitian ini diperoleh dari pretest dan posttest, dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil uji signifikan atau uji t diperoleh t_hitung = 3,596 dan t_tabel = 2,008. Berdasarkan tabel distribusi t dapat disimpulkan jika t_(hitung )= 3,596 > t_(tabel' )= 2,008 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN Pejagan 1 Bangkalan. Hasil keaktifan belajar siswa pada pertemuan pertama menunjukkan persentase sebesar 71,60% kategori baik. Petemuan kedua menunjukkan persentase sebesar 86,17% kategori baik. Uji gain ternormalisasi hasil belajar siswa menggunakan strategi pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) mengalami peningkatan dengan rata rata 0,570 kategori sedang. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Keaktifan Belajar Siswa.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of the learning strategy crossword puzzles (crosswords) on the activity and learning outcomes in science teaching in the third grade students of Elementary School in Pejagan 1 Bangkalan. This research is a quantitative type of research experiments using Quasi-Experimental Design designs. Data collected by the method of testing and observation. The research data was obtained from the pretest and posttest, and the students' learning activeness observation sheet. Based on test results obtained significant or t test t_count= 3,596 and t_table = 2,008. Based on the t distribution table can be concluded if ,t_(count )= 3,596> t_(table )= 2,008 then Ho is rejected and Ha accepted so there is the effect of the use of learning strategies crossword puzzle on learning outcomes third grade students of Elementary School in Pejagan 1 Bangkalan. The results of students' learning activeness in the first meeting showed the percentage of 7,60% for both categories.Second shows the percentage of 86,17% both category. The normalized gain test student learning outcomes using instructional strategies Crossword Puzzle (Crossword) increased by an average of 0,570 medium category. Keywords : Learning Strategy Crossword Puzzle, Learning Outcomes, Active Student Learning.

Detail Jurnal