Detail Karya Ilmiah

  • PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL PADA ANAK KORBAN KONFLIK (Studi Kasus Anak Korban Pengungsi Syiah Sampang Yang Bersekolah di SDN Jemundo 1 Sidoarjo)
    Penulis : KARLENIYAH FEBRIANI TRI ASTUTIK
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud. S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana peran yang dilakukan oleh guru dalam pembentukan sikap sosial anak korban konflik di SDN Jemundo 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, orang tua siswa, dan anak korban konflik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, dokumentasi. Peran yang dilakukan oleh guru diantaranya yaitu sebagai pengelola kelas, teladan, dan orangtua kedua anak korban konflik.Dalam menjalankan perannya sebagai pengelola kelas guru mengelola kelasnya dan menjalankan kegiatan yang memungkinkan terjadinya interaksi antara anak korban konflik tersebut dengan anak lainnya. Peran sebagai teladan guru mengajarkan bagaimana cara bersikap yang baik dengan orang lain, bagaimana cara jujur, sopan santun, disiplin, toleransi, gotong royong, dan percaya diri dalam kehidupan sehari-hari. Peran sebagai orangtua kedua guru sebagai penghubung antara keluarga anak korban konflik dengan sekolah, guru memberikan motivaasi pada orangtua korban konflik. Kata Kunci : Konflik, Sikap Sosial Anak Korban Konflik, Peran Guru

    Abstraction

    ABSTRACT The purpose of this study is to describe how the role that is undertaken by teachers in the formation of social attitudes of children victims of conflict in SDN Jemundo 1 Sidoarjo. The type of research which is used by the writer is qualitative descriptive, the subject of this research is principal, teacher of first grade, parents of students, and child victims of conflict. Data collection techniques which are used by the writer are interviews and observations. The role of the teacher is including as the manager of the class, model, and the parents of the two children who are victims of the conflict. In carrying out of their role as a manager of the classroom, teachers manage the class and run activities that allow the interaction between the children victims of the conflict and other children. The role of teacher as model is teaching how to be nice with others, how to be honest, good manners, discipline, tolerance, mutual cooperation, and be confidence in everyday life. The role of the second parent, the teacher as the liaison between the child's family of conflict victims and the school, the teacher gives motivation to the victim's parents of the conflict. KeyWords : Conflict, Social Attitude of Children Conflict Victims, Teacher Role

Detail Jurnal