Detail Karya Ilmiah
-
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN POHON MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS VI UPTD SDN PEJAGAN 3 BANGKALANPenulis : DZUWITA PURNAMASARIDosen Pembimbing I : MUJTAHIDIN,S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.P.d.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan pohon matematika pada mata pelajaran matematika materi KPK dan FPB kelas VI UPTD SDN Pejagan 3 Bangkalan (2) untuk mendeskripsikan aktifitas siswa dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan pohon matematika (3) untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal dengan model pembelajaran cooperative learning dengan pohon matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi guru, siswa dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning dengan pohon matematika membuat efektif dalam pembelajaran matematika. Dari aktifitas guru dapat dilihat bagaiamana pembelajaran model cooperative learning di ajarakan pada materi KPK dan FPB di kelas VI yaitu pada pertemuan pertama sebasar 91,17% dengan kriteria aktif dan pada pertemuan kedua diperoleh nilai sebasar 89,70% dengan kriteria aktif. Pada aktifitas siswa mengikuti pembelajaran matematika dengan model pembelajaran cooperative learning dengan pohon matematika pada materi KPK dan FPB pada pertemuan 81,88% dengan kriteria aktif dan pada pertemuan kedua sebesar 84,36% dengan kriteria aktif. Hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan secara individu pada nilai pretest yaitu 4 siswa tuntas dan 21 siswa tidak tuntas dan pada nilai posttest siswa tuntas sebesar 100% dan ketuntasan secara klasikal pada posttest sebesar 100%.
AbstractionThis study aims (1) to describe the application of cooperative learning models to the mathematical tree of KPK and FPB material in VI grade UPTD Pejagan elementary school 3 Bangakalan (2) to describe student activities by applying cooperative learning models to mathematical trees (3) to describe individual and classical student learning outcomes with cooperative learning models with mathematical trees. This study uses a descriptive quanitative appoarch. Methods of collecting data using teacher observation, students and tests. The results of the study show that the application of cooperative learning models to mathematical tree is effective in mathematical learning. From the teacher’s activities, it can be seen how cooperative learning model learning is taught in the KPK and FPB material in class 6, which is at the first meeting of 91,17% with active criteria and the second meeting is 89,70% with active criteria. On the activities of students participating in mathematics learning with cooperative learning models with mathematical trees in the KPK and FPB material at the first meeting which was 81,88% with active criteria and at second meeting 84,36% with active criteria. Student learning outcome are seen from individual completeness at the pretest value that is 4 students complete and 21 student do not complete and at the students posttest value complete at 100% and classical completeness in posttest at 100%.