Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru Dalam Menangani Siswa Lamban Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV dan V di SDN Tanggul Wonoayu Kabupaten Sidoarjo.
    Penulis : Madarina Abidin
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam menangani siswa lamban belajar (slow learner) Pada mata pelajaran IPS Kelas IV dan V Di SDN Tanggul Wonoayu. Aspek yang diamati meliputi pemahaman guru, masalah yang dihadapi anak lamban belajar (slow learner) dan peran guru dalam menangani siswa lamban belajar (slow learner). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan subjek seorang guru dan siswa kelas IV dan V di SDN Tanggul Wonoayu. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian mengenai peran guru dalam menangani siswa lamban belajar (slow learner) pada mata pelajaran IPS kelas IV dan V di SDN Tanggul Wonoayu yaitu, (1) pemahaman guru tentang siswa lamban belajar cukup mendalam tentang konsep ataupun karakteristik siswa lamban belajar (slow learner); (2) ada beberapa masalah yang dihadapi siswa lamban belajar; (3) peran guru terbagi menjadi tiga yaitu guru sebagai pengajar, sebagai pembimbing dan sebagai teladan dalam menangani siswa lamban belajar pada mata pelajaran IPS kelas IV dan V di SDN Tanggul Wonoayu Kata Kunci: Siswa Lamban Belajar, Peran Guru, Pembelajaran IPS.

    Abstraction

    The purpose of this research is to describe the role of teachers in handling a slow learner student in Social Science learning for IV grade and V grade in Tanggul Wonoayu State Elementary School. The aspects that were observed, including the teacher’s understanding, the problems of a slow learner student, and the teacher’s role in handling a slow learner student. This research used the descriptive qualitative with IV grade & V grade teacher and student of Tanggul Wonoayu State Elementary School as the subject. The data was collected through interviews, observations, and documentations. The data was analyzed by reducing, displaying, and concluding. The results of this research about the role of teachers in handling a slow learner student in Social Science learning for IV grade and V grade in Tanggul Wonoayu State Elementary School are, (1) the teacher’s deep understanding about a slow learner student for the concepts or the characteristics of a slow learner student, (2) there are many problems that was faced by a slow learner student, (3) the role of teachers is divided in three roles, those are as the teacher, supervisor, and model handling a slow learner student in Social Science learning for IV grade and V grade in Tanggul Wonoayu State Elementary School. Keywords: A Slow Learner Students, The Theacher’s Role, Social Science.

Detail Jurnal