Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Kebudayaan Madura Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Pejagan 7 Bangkalan
    Penulis : Lailiyatul Lutfiah
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si.,
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika menggunakan pendekatan saintifik berbasis kearifan budaya Madura terhadap hasil belajar dan maotivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan Quasi Experimental, dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas III SDN Pejagan 7 Bangkalan yang berjumlah 47 siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dengan 24 siswa dan kelas kontrol dengan 23 siswa, pegambilan sampel menggunakan jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, angket, dan observasi. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan uji komparatif dua sampel independen, untuk mendapatkan keputusan apakah ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka t hitung dan t tabel harus dibandingkan. Nilai posttest didapat t = 2,369 > t = 2,014, sehingga Ho ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil Penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran terhadap hasil belajar. Motivasi belajar siswa kelas III mendapatkan rata-rata sebesar 68,04, sehingga motivasi belajar siswa berada pada kategori baik yang dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Berdasarkan analisis dari hasil belajar dan motivasi belajar dapat disimpulkan pendekatan saintifik berbasis kebudayaan Madura berpengaruh signifikan terhdap hasil belajar dan motivasi belajar. tabel Kata Kunci: pendekatan saintifik berbasis kebudayaan Madura, Hasil Belajar, Motivasi Belajar. hitung

    Abstraction

    ABSTRACT This research purpose determine the eect of mathematics learning using a scientific approach based on Madura cultural wisdom on learning outcomes and motivavation students learning. Researcher of method used Quasi Eksperimental with Non Equivalent Control Group Design. Research design the population of this study was third grade (3 th ) Elementary School of Pejagan 7 Bangkalan which a mouted to forty seven (47) students. This research used an experimental class with twenty four (42) students and control class with twenty three (23) students, sampling using saturated sampling types. Data collection techniques are carried out by test, questionnaries, and observation. Analysis of learning outcomes data using comparative test of two independent samples, to get a decision wheather there is a significant defference between the experimental class and control class learning outcomes, then t counts and t must be compared. Posttest of the value is obtained t counts = 2,369 > t table = 2,014, table so H is rejected there a significant different between experimental class learning outcome and control class. The result of the research shoed the influence of learning out leraning outcomes. Learning motivation of 3 rd o grade students get an avarege of 68,04, so that the learning motivation of students is in the good category which is done by descriptive analysis. The result showed that there was an influence of leraning on students learning motivation. Based on the analysis of learning and learning motivation, it can be conclued that the Madura culutral based scientificapproach has a significant effect on learning outcomes and learning motivation. Keywords: scientific approach based on Madurese culture, Learning Outcomes, Learning Motivation.

Detail Jurnal