Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN MOJOWANGI II JOMBANGPenulis : FAHMI IRZA FAROBIDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo wardhani, S.Pd.,M.PdAbstraksi
Penelitian ini menjelaskan tentang peran guru dalam menumbuhkan sikap toleransi pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. penelitian tersebut bertujuan untuk mengetahui cara seorang guru dalam menumbuhkan sikap toleransi dipembelajaran tematik, kesulitan menumbuhkan sikap toleransi, hingga solusi- solusi yang diberikan untuk mengatasi kesulitan dalam menumbuhkan sikap toleransi. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan Subjek penelitian mengunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas 1 hingga wali kelas 6, serta siswa kelas tinggi yaitu kelas 4 dengan 2 siswa, kelas 5 dengan 2 siswa, dan kelas 6 dengan 2 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2017-April 2018. teknik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, serta mengunakan trianggulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya guru dalam menumbuhkan sikap toleransi pada waktu pembelajaran tematik yaitu dengan cara guru mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran tematik, guru yang profesional dalam mengajar pembelajaran tematik, interaksi sosial yang positif, dan strategi sosial yang positif. (2)dalam menumbuhkan sikap toleransi ditemui kendala yaitu keterbatasan waktu untuk membiasakan siswa dalam bertoleransi.(3) sehingga solusi yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memberikan tambahan kegiatan untuk siswa yang memberikan celah untuk siswa berinteraksi dengan orang lain.
AbstractionThis study explaining about how teachers cultivate tolerance of attitude into tematic learning at primary school. The main purpose of this research is to know how teachers cultivate an attitude into tematic learning, difficulty in improving toleranceuntil the solution that given for overcome difficulties cultivate an attitude. This study uses kualitatif descriptif method, with the main study uses purposive sampling.the subjek of this study are head master, guardian of the class 1 until class 6, and student of high class, consisting of 2 students of 4th grade class, 2 students of 5th grade class, and 2 students of 6th class, this study was conducted on October 2017 - April 2018. Data collection techniques using interviews, observes, documentation, triangulation techniques dan data source. The result of this study are 1. The teacher efforts in growing to cultivate the attitude at tematik learning is how to teacher refer to thematic learning principles, professional teacher is teaching thematic learning, positive social interaction,positive social stategy. 2. in growing tolerance there is some problem that is limited time for familiarize students in tolerating, 3. So the solution given by the reseracher is for provide additional activities for student, so that student interact with each other.