Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY DENGAN METODE ARITMETIKA PLUS INTELIGENSI QUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 SDN PEJAGAN 2 BANGKALAN
    Penulis : Fitri Indah Purwanti
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay denganmetode Aritmetika Plus Inteligensi Quantum terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experiment Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group design, yang dilaksanakan di kelas III SDN Pejagan 2 Bangkalan dengan jumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menggunakan uji-t dua sampel independent diperoleh thitung = 3,88 > ttabel = 2,02, maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay dengan Metode Aritmetika Plus Inteligensi Quantum berpengaruh sebesar 57 % terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SDN Pejagan 2 Bangkalan.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of cooperative learning model Course Review Horay typewith Arithmetic Plus Quantum Intelligence method onlearning outcomes. This research is a quantitative research using Quasi Experiment Design with the form of Nonequivalent Control Group design, which is implemented in class III SDN Pejagan 2 Bangkalan with 48 students. The sampling technique used is a saturated sample. Data collection techniques used are tests and observations. Based on result of hypothesis test result of student study using t-test two independent samples obtained thitungc = 3.88 >ttabel= 2.02, then Ho is rejected, meaning there are difference of learning result which signifikan between experiment class and control class. It can be concluded that the learning of mathematics using Cooperative Learning model Course Horay Type With Arithmetic Plus Quantum Intelligence influence 57% toward Mathematics Learning Outcomes Class 3 SDNPejagan 2 Bangkalan.

Detail Jurnal