Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran, pemahaman guru terhadap media pembelajaran dan pertimbangan yang digunakan oleh guru dalam memilih menggunakan media pembelajaran dalam pembelajaran IPS di SD yang berada di Kecamatan Gayam Pulau Sapudi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian sebanyak 244 guru. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional startified random sampling menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel 70 guru. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah modus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang paling sering digunakan oleh guru adalah media gambar dengan perolehan skor 91% dan media yang jarang digunakan adalah media komik dengan perolehan skor 9%. Pemahaman Guru Sekolah Dasar tentang media pembelajaran yang berada di Kecamatan Gayam Pulau Sapudi adalah 99% dengan menggunakan media mempermudah menyampaikan materi, siswa mudah memahami materi dan siswa termotivasi untuk belajar. Serta 97% guru menyatakan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran dapat memperjelas materi yang tidak dapat dijangkau oleh indera, waktu dan ruang. Pertimbangan yang paling sering digunakan guru dalam memilih media adalah ketersedian media dengan perolehan skor 97% serta pertimbangan yang jarang digunakan adalah biaya yang digunakan mendapatkan sumbangan dengan guru lain dengan perolehan skor 7%. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pembelajaran IPS

    Abstraction

    This study aims to determine the use of instructional media, teacher understanding of learning media and considerations used by teachers in choosing to use instructional media in IPS learning in elementary school located in Gayam District Sapudi Island. The approach used in this research using descriptive quantitative approach using survey method. The population in the study were 244 teachers. Determination of the sample using proportional startified random sampling technique using slovin formula with a sample size of 70 teachers. Techniques of data collection using questionnaires and documentation. The analysis used in this research is mode. The results showed that the media most often used by teachers is the image media with the acquisition score of 91% and media are rarely used is the comic media with the score of 9%. Understanding of Primary School Teachers about learning media located in Gayam Subdistrict of Sapudi Island is 99% by using media to facilitate the delivery of materials, students easily understand the material and students are motivated to learn. As well as 97% of teachers stated that by using learning media can clarify material that can not be reached by the senses, time and space. The most frequently used consideration of teachers in selecting media is the availability of media with 97% score gain and the rarely used consideration is the cost used to get donations with other teachers with a score of 7%. Keywords : Learning Media, IPS Learning

Detail Jurnal