Detail Karya Ilmiah
-
PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KURIKULUM 2013 DI SDN TENGKET 2 KECAMATAN AROSBAYA KABUPATEN BANGKALANPenulis : HUSNUL MUSANNADosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika implementasi pembelajaran tematik kurikulum 2013 di SDN Tengket 2 Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena-fenomena yang bersifat alamiah. Pengambilan data pada informan, peneliti ini menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan tujuh informan yaitu guru kelas IA, IB, IIA, IIB, IV, VA, dan VB. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan tentang problematika guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran pada pembelajaran Kurikulum 2013 terdapat pada mataeri pembelajaran dan bahan ajar yang kurang memadai dalam mengintegrasikan mata pelajaran. Materi pembelajaran harus diambil dari dunia peserta diidk dan oleh peserta didik itu sendiri sedangkan bahan ajar sangat dibutuhkan para guru untuk melakukan proses pembelajaran dikelas. Solusi yang dilakukan oleh guru yaitu guru harus memilliki kreativitas dalam melakukan proses pembelajaran dan mempunyai rasa percaya diri untuk mengembangkan segala sesuatu yang berkaitan dengan mengintegrasikan mata pelajaran. Kata kunci: Pembelajaran Tematik, pembelajaran, kurikulum 2013
AbstractionThe research this purpose for the problematic implementation of thematic lesson curriculum 2013 of 2013 at SDN Tengket 2 Arosbaya Bangkalan. Research use descriptive qualitative research type. The research this purpose to describe or describe natural phenomena. Data collection on this informant research using purposive sampling technique with provision of seven informants are IA. IB, IIA, IIB, IV, VA, and VB class teachers. Data collection technique conducted by research are observation technique, interview technique, and documentation technique. Based on the results of field research on the problems of teacher integrating subject on the learning curriculum 2013 contained in learning materials and instructional materials that are in integrating subject. Learning material must be taken from the world of learners and by the student themselves while the teaching materials are need by teacher to make the process of learning in class. The solution is done by the teacher that teacher must have creativity in doing the learning process and have the confidence to devolep everything related the integrating subject. Keyword: Thematic Learning, Learning, 2013 curriculum.