Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Pembelajaran dengan Reward terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V di SDN Murtajih 1 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.Penulis : Eka HidayatiDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan reward terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas V pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan subtema 2 peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan di SDN Murtajih 1 kecamatan Pademawu kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian quasi experiment jenis non-equivalent control group design. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 48 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar,lembar observasi, dan angket. Hasil observasi aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,94 dengan kategori sangat baik sedangkan aktivitas guru memperoleh persentase 83% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji komparatif dua sampel independen (uji t) diperoleh t hitung =2,03 > t tabel =2,01, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V kelompok eksperimen dan kontrol dengan adanya reward pada pembelajaran. Hasil angket motivasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 8,40 dengan kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan reward memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas V padaTema 7 Peristiwa dalam kehidupan Subtema 2 PeristiwaKebangsaanSeputar Proklamasi Kemerdekaan di SDN Murtajih 1 Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan. Kata kunci : Reward, Hasil belajar, dan Motivasi Belajar
AbstractionEka Hidayati. 2018. The Influence of Learning with Reward on Results and Motivation of Grade V Students In Theme 7 Events in the Life of Subtema 2 Nationality Event Regarding Proclamation of Independence at SDN Murtajih 1 Pademawu District Pamekasan Regency. Thesis, Teacher Education Elementary School Study Program, Faculty of Education, Trunojoyo Madura University. Advisor I: Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si. Advisor II: Rika Wulandari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to determine the effect of learning with rewards on the results and motivation of class V students on the theme of 7 events in the life of subtema 2 nationality events about the proclamation of independence in SDN Murtajih 1 district Pademawu Pamekasan district. This research uses quantitative method with quasi experimental research type non-equivalent control group design. The population used in this study were 48 students. Sampling technique in this research use saturated sampling. Data collection using learning test instruments, observation sheets, and questionnaires. The result of observation of activity of experiment class student get average value equal to 81,94 with very good category while teacher activity get 83% percentage with very good category. Based on the comparative test result, two independent samples (t test) were obtained t count xvii = 2.03> t table = 2.01, so it can be concluded that there is a significant effect difference between the students' learning result of class V experiment group and control with the reward on learning. Student motivation questionnaire results obtained an average score of 8.40 with very good category. This study shows that learning by using reward gives a significant influence to the result and motivation of study of class V students in Theme 7 Events in the life of Subtema 2 National Event About Proclamation of Independence in SDN Murtajih 1 District Pademawu Pamekasan Regency. Keywords: Reward, Learning Outcomes, and Learning Motivation