Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN BANCARAN 4 KABUPATEN BANGKALANPenulis : NAUFAL YUSUFDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Bancaran 4 Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian quasi experiment jenis non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Bancaran 4 Kabupaten Bangkalan berjumlah 30 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes unjuk kerja. Hasil perhitungan hipotesis dengan uji signifikansi (uji t) diperoleh thitung = 3,169 > ttabel = 2,1604, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran artikulasi terhadap keterampilan membaca siswa. Besarnya pengaruh model artikulasi terhadap keterampilan membaca siswa dihitung menggunakan uji determinasi dan diperoleh nilai sebesar 43,56%. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran artikulasi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IV SDN Bancaran 4 Kabupaten Bangkalan.
AbstractionThis study aims to determine the influence of articulation learning model on students' reading skill in Indonesian subject IV class SDN Bancaran 4 Kabupaten Bangkalan. This research is a quantitative research using quasi experiment design research non-equivalent control group design type. This research was conducted in the fourth grade of SDN Bancaran 4 of Bangkalan Regency with 30 students. Sampling is done by saturated sampling technique. Technique of data collection is done by using observation and performance test. Result of hypothesis calculation with significance test (t test) obtained tarithmetic = 3,169> ttable = 2,1604, so it concluded there is significant influence between model of articulation learning to students’ reading skill. The amount of influence of articulation model on students' reading skill was calculated using test of determination and got value equal to 43,56%. Based on this study shows that learning by using the model of articulation learning gives a significant influence on the students' reading skills in the fourth grade Indonesian Subject SDN Bancaran 4 Bangkalan Regency.