Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Bandaran 1 Tlanakan Pamekasan.Penulis : Aisyatul AminiDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model Pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Bandaran 1 Tlanakan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan uji t komparatif pada nilai pretest diperoleh thitung ? ttabel atau jika 1,400 < 2,040 maka Ho diterima, artinya tidak ada perbedaan nilai pretest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Sedangkan uji t komparatif untuk nilai posttest diperoleh thitung >ttabel= 2,127 > 2,040 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan nilai posttest antara kelompok eksperimen dan kontrol yang membuktikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V SDN Bandaran 1 Tlanakan Pamekasan. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh skor 62,88 yang tergolong kuat, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa pada kels eksperimen setelah diberikan perlakuan model pembelajaran VAK (Visual, Auditory, Kinesthetuc) dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic), Hasil Belajar.
AbstractionThis study aims to find the Influence of learning model VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) assested to the results of learning in the subjects science class 5 SDN Bandaran 1 Tlanakan Pamekasan. This study is conducted by applying a quantitative researc design. This study implemented in class V that numbered in 33 students. The sample are collected by using saturated sample. The research insturements are test of attitude, observation and inqury. The result of t-test in the pre-test showed T-count ? T-table or 1,400 < 2,040 meaning that Ho is accepted. This concluded there is no difference of pretest value between experimental group and control group. Whereas comparative t test for posttest value obtained T-count >T-table = 2,127> 2.040 then Ho is rejected and Ha is accepted, meaning there is difference of posttest value between experimental group and control. This proves that there is Influence of learning model VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) assested to the results of learning in the subjects science class 5 SDN Bandaran 1 Tlanakan Pamekasan. While the result of questionnaire of motivation of study of students obtained score of 72,68 is excellent. It can be concluded that student’s motivation in the experimental group after being given model VAK (Visual, Auditory, Khinesthetic) assisted was success full. Key words : VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic, study result.