Detail Karya Ilmiah

  • PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOFT SKILLS SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR DI DESA KAMAL
    Penulis : Uswatun Hasanah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan soft skills siswa di kelas IV Sekolah Dasar di desa Kamal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu dengan apa adanya. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan kepada guru dan siswa. Berdasarkan pembahasan terhadap hasil penelitian yang terdapat pada gambaran singkat dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan soft skills siswa di kelas IV Sekolah Dasar di desa Kamal bervariasi. Adapun peran guru yang diterapkan adalah guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator, guru sebagai mediator, dan guru sebagai inisiator. Kendala yang dihadapi guru diantaranya minat belajar siswa rendah, terdapat siswa yang kurang percaya diri sehingga tidak mampu menggali potensi yang dimiliki dan terdapat siswa yang tidak menghiraukan nasehat guru. untuk mengatasi kendala tersebut maka solusi guru adalah terus menerus memberikan motivasi pada siswa agar lebih giat dalam belajar. Lebih bersabar dalam menghadapi siswa yang masih membangkan dan terus memberikan nasehat. Memberikan motivasi pada siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Kemudian dalam mengatasi siswa yang tidak mampu dalam menggali potensi mereka miliki, maka guru berusaha mencari tau dengan berbagai macam cara misalnya meminta siswa untuk menggambar, bernyanyi ataupun yang lainnya. Kata Kunci: Peran Guru, Soft Skills dan Siswa.

    Abstraction

    ABSTRACT This study attempts to find out the teacher’s role in developing the fourth graders’ soft skills in Kamal village. This study is conducted by using descriptive qualitative approach. Descriptive qualitative is an approach which is used to describe a phenomenon as it naturally occurs. The data were collected by using interview, observation, and documentation which were performed to the teachers and the students. Based on the results of this study, it can be concluded that the teacher’s role in developing the fourth graders’ soft skills in Kamal village is varied. The roles of the teacher which were being applied are the teacher as the advisor, the teacher as the motivator, the teacher as the mediator, and the teacher as the initiator. Constraints faced by teacher such as low student learning interest, there are students who are less confident so as not able to explore the potential and there are students who do not ignore the advice of teacher. to overcome these obstacles then the teacher's solution is to continuously provide motivation to students to be more active in learning. Be more patient in dealing with students who are still wise and continue to give advice. Provide motivation to students to improve their confidence. Then in overcoming students who are not able to explore their potential, the teacher tau try to find a variety of way such as asking students to draw, sing or others. Keywords: The teacher’s role, Soft skills, and Students

Detail Jurnal