Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Kooperatif tipe Quick On The Draw Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengenal Kekhasan Bangsa Indonesia di kelas III SDN Kamal 3.Penulis : Nurul ItamiDosen Pembimbing I : Mujtahidin,S.Pd.,M.PdDosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Kamal 3 yang berjumlah 41 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Solvin karena 2 kelompok yang diambil memiliki jumlah yang berbeda. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Quick On The Draw terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pelajaran PKn. Hasil penelitian menujukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe Quick On The Draw pengaruh terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 4.052 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2.110. Dengan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung> ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Quick On The Draw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn kelas III SDN Kamal 3. Minat belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Quick On The Draw diperoleh ilai sebesar 86,64% dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Quick On The Draw, PKn, Hasil belajar
AbstractionThis research is a quantitative study using quasi-experimental design, this study was conducted in class III SDN Kamal 3 totaling 41 students. Samples were taken by using a technique Solvin because two groups that have taken a different amount. Samples are taken as two classes. This study aimed to determine the effect of Cooperative learning model type quick on the draw against interest and student learning outcomes in civics. The results showed that looperative learning model type quick on the draw influence on student learning outcomes based on the results of test calculations significant (t-test), the obtained values of 4,052 and ttable t t (? / 2, n-2) = 2.110. With tcount and ttable obtained t> ttable, this means that Ho refused and Ha accepted. So that learning using cooperative learning model type quick on the draw a significant influence on student learning outcomes in civics class III SDN Kamal 3. Interest of student learning using cooperative learning model type quick on the draw obtained with the use values of 86.64% very good category. Keywords: Keywords: Cooperative Learning Model Type Quick On The Draw, Civics, learning outcomes