Detail Karya Ilmiah
-
ANALISIS TINGKAT KOMPETENSI LITERASI SAINS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR KEPULAUAN (Survey di SDN Se-Pulau Mandangin Kabupaten Sampang)Penulis : MOHAMMAD QADARUSMANDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa domain kompetensi di SD Kepulauan. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini dilakukan di SDN Se-Pulau Mandangin dengan sampel siswa kelas V yang ditetapkan secara Quota Sampling. Instrumen penelitian berupa tes literasi sains domain kompetensi yang terdiri dari 10 butir soal pilihan ganda dan 2 soal uraian. Analisis data menggunakan analisis deskrptif dengan perhitungan secara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa pada domain kompetensi sebesar 34,24% dengan nilai pada masing-masing aspeknya adalah 33,86% pada aspek mengidentifikasi bukti ilmiah, 33,03% untuk nilai aspek menjelaskan fenomena ilmiah, dan 35,83% untuk nilai aspek menggunakan bukti-bukti ilmiah dalam proses sains. Hasil ini menunjukkan kemampuan literasi sains domain kompetensi di SD kepulauan tergolong sangat rendah. Kata kunci: literasi sains, domain kompetensi, SD kepulauan, SDN Pulau Mandangin.
AbstractionThis research aim to described ability of scientific literacy student competency domain in archipelago’s elementary school. This research used quantitative approach with descriptive research. Research method used Suvey Method. This research implemented at all of Mandangin island’s elementary school with the sample is fifth class student that choosen according to Quota Sampling. Instrument of this reseacrh is scientific literacy competency domain consisted of 10 multiple choice and 2 essay questions. Analysis data used descriptive analysis with percentage calculation. The result showed that the level of scientific literacy student in competency domain is 34,24% with value of each aspect 33,86% to aspect of identifying scientific evidence, 33,03% to explaining scientific phenomenon, and 35,83% to using scientific evidences on science proccess. This result showed that ability of scientific literacy competency domain in alchipelsgo’s elementary school classified very low. Keywords: scientific literacy, competency domain, archipelago’s elementary school, SDN Mandangin island