Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK BERHITUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS II SD NEGERI SEPULU 1Penulis : MUFARROHAHDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Umi Hanik, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau materi sehingga proses pembelajaran menjadi mudah. Media yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media tiga dimensi tentang operasi hitung campuran (perkalian dan pembagian). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, keefektifan, kemenarikan dan keterterapan media pembelajaran kotak berhitung pada siswa kelas II SD Negeri Sepulu 1. Penelitian ini menggunakan langkah-langkah penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono (2014: 298). Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) hasil persentase kevalidan media pembelajaran yaitu 89,52% dengan kategori sangat valid. (2) persentase keefektifan media pembelajaran kotak berhitung 85,24% dengan kategori sangat efektif. (3) Persentase kemenarikan media pembelajaran kotak berhitung 92,70% dengan kategori sangat menarik. (4) Persentase keterterapan media pembelajaran kotak berhitung 88% dengan kategori sangat mudah diterapkan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran kotak berhitung sangat valid, sangat efektif, sangat menarik dan mudah diterapkan dalam proses pembelajaran matematika pada siswa kelas II SD Negeri Sepulu 1.
AbstractionLearning media is a tool used to convey information or materials so that the learning process becomes easy. The media developed in this study is a three dimensional media about mixed counting operations (multiplication and division). The purpose of this study is to determine the feasibility, effectiveness, attractiveness and appropriateness of learning media box numeracy in second grade students of SD Negeri Sepulu 1. This research uses research and development steps based on Sugiyono (2014: 298). The results of research and development shows that: (1) The validity of the percentage of media learning eligibility is 89.52% with very valid category. (2) Stage of trial usage get percentage effectiveness of learning media box count 85.24% with category very effective. (3) The percentage of attractiveness of learning media counting box 92.70% with very interesting category. (4) The percentage of learning media absorption 88% counting box with the category is very easy to apply. The results indicate that the learning media of arithmetic box is very valid, very effective, very interesting and easy to apply in the process of learning mathematics in second grade students of SD Negeri Sepulu 1.