Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA LOCKER TRANSPORTASI PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN TRANSPORTASI UNTUK SISWA KELAS IV SDN BULUH 2
    Penulis : AYU RATNASARI
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S. Sos., M. Si
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang masih konvensional dan tidak menggunakan media pembelajaran sehingga dalam pembelajaran siswa cenderung pasif dan bosan. Media locker transportasi tersebut merupakan pengembangan dari media diorama yang didalamnya berisi miniatur jenis-jenis transportasi sehingga diharapkan dapat membuat siswa semangat belajar dan aktif dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, keterterapan dan kemenarikan media locker transportasi. Tahapan penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan tahapan yang digunakan oleh Sugiyono (2014:298), yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media locker transportasi memperoleh hasil rata-rata persentase dari 3 validator (ahli media, ahli desain pembelajaran, dan ahli materi) sebesar 89%. Keefektifan media locker transportasi memperoleh persentase rata-rata gabungan dari observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas siswa sebesar 89%, serta hasil belajar siswa 94% tuntas. Kemenarikan media locker transportasi dari angket respon siswa memperoleh persentase 96%. Keterterapan media locker transportasi dari hasil angket respon siswa memperoleh 88%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media locker transportasi sangat layak, sangat efektif, sangat menarik dan sangat mudah diterapkan dalam pembelajaran IPS kelas IV di SDN Buluh 2.

    Abstraction

    The development of this media is motivated by the learning that is still conventional and does not use instructional media so that in learning the students tend to be passive and bored. Media locker transportation is the development of diorama media which contains miniature types of transportation so it is expected to make students the spirit and active in learning. This research and development aims to know the expediency, effectiveness, availability and attractiveness of transportation locker media. Stages this research development use by Sugiyono (2014:298), is potential and problems, data collection, product design, design validation, design improvement, product testing, product revision, product revisions, and massproduction. Based on the results of research, the results obtained that the percentage expediency of media transportation locker obtained the average percentage of 3 validators (media experts, designers of learning, and material experts) by 89%. The effectiveness of the transport locker media obtained average percentage of teacher activity observation and student activity observation of 89%, and complete student learning outcomes 94%. The attractiveness of the transportation media locker from the student response questionnaire obtained 96% percentage. The availability from the result of questionnaire of student response obtained 88%. The results of this study indicate that the media locker transportation is very feasible, very effective, very interesting and can be applied in learning social sciences class IV in Elementary School Buluh 2.

Detail Jurnal