Detail Karya Ilmiah

  • KENDALA GURU DALAM MEMBELAJARKAN MATERI IPS DI SDN BULUH 2 KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN
    Penulis : JUMALIYAH
    Dosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S. Sos., M. Si
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S. Pd., M. Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala guru dalam membelajarkan materi IPS di SDN Buluh 2 Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan informan adalah guru kelas I, II, III, IV, V, VI di SDN Buluh 2 dan perwakilan dua siswa dari setiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman. Adapun hasil dari penelitian ini adalah Kendala guru dalam membelajarakan mater IPS di SDN Buluh 2 dikaji dari peran guru dalam pembelajaran yaitu yang pertama peran guru sebagai demonstrator mempunyai kendala guru tidak dapat mengaitkan pembelajaran IPS dengan fakta yang ada di lingkungan sosial siswa, peran yang kedua yaitu guru sebagai pengelola kelas yang mempunyai kendala guru belum mampu menciptakan suasana kelas yang dapat membiasakan siswanya berlaku mandiri serta guru tidak memperhatikan tahapan perkembangan siswa dalam memberikan pelayanan selama pembelajaran berlangsung, yang ketiga yaitu peran guru sebagai mediator dan fasilitator mempunyai kendala guru belum mampu menentukan ide atau gagasan untuk menciptakan media pembelajaran dan guru belum bisa memenuhi kebutuhan siswa dalam memenuhi sumber belajar, yang keempat yaitu peran guru sebagai evaluator mempunyai kendala yaitu guru tidak memberikan evaluasi secara merata kepada siswa dan soal latihan yang diberikan tidak di bahas bersama siswa.

    Abstraction

    This study aims to determine the constraints of teacher in learning IPS in SDN Buluh 2 Socah Bangkalan. This research uses descriptive qualitative method. The data were collected using ‘purposive sampling’ technique with the informant were teacher of class I, II, III, IV,V,VI at SDN Buluh 2 and representatives of two students from each class. Data collection techniques use observation, interviews and documents. Data analysis technique which is used in this research is data analysis model by Miles and Huberman. The results of this study are the constraints of teachers in learning social studies at SDN Buluh 2 are examined from the role of the teacher in learning, namely the first role of the teacher as a demonstrator has obstacles teachers can not associate social studies learning with facts in the social environment of students, the second role is teachers as class managers who have problems teachers have not been able to create a classroom atmosphere that can accustom students to being independent and the teacher does not pay attention to the stages of development of students in providing services during learning, the third is the role of teachers as mediators and facilitators have obstacles teachers have not been able to determine ideas or the idea of creating learning media and the teacher has not been able to meet the needs of students in fulfilling learning resources, the fourth is the role of the teacher as evaluator has a problem that the teacher does not provide an evaluation evenly to students and the practice questions given are not discussed as with students.

Detail Jurnal