Detail Karya Ilmiah
-
PERAN PEMBELAJARAN BAHASA MADURA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SDN PABERASAN II KECAMATAN GAPURA KABUPATEN SUMENEPPenulis : YENI WULANDARIDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran Bahasa Madura dalam membentuk karakter siswa di SDN Paberasan II Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif sehingga penyajian data berbentuk paragraf deskriptif. Pada penelitian ini, pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria informan adalah siswa kelas IV yang memiliki peringkat atas dengan nilai yang tinggi pada pembelajaran Bahasa Madura. Data diperoleh dari para informan yaitu informan 1 selaku kepala sekolah, informan 2 selaku guru kelas IV, dan informan 3, 4, 5, dan 6 adalah perwakilan siswa kelas IV tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan merencanakan penelitian dari sebelum sampai setelah di lapangan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa semua siswa aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran Bahasa Madura dapat membentuk karakter siswa. Karakter siswa yang terbentuk pada pembelajaran Bahasa Madura kelas IV di SDN Paberasan II Sumenep adalah 7 karakter dari 18 karakter yang diungkapkan oleh Naim, yaitu karakter bersahabat/komunikatif, disiplin, toleransi, kreatif, menghargai prestasi, gemar membaca, semangat kebangsaan. Kata kunci: karakter, pembelajaran Bahasa Madura, Nilai karakter
AbstractionThis study aims to determine the role of learning Madurese language in shaping the character of students in SDN Paberasan II District Gapura Sumenep. This research uses descriptive qualitative research method so that the presentation of data is descriptive paragraph. In this study, data collection using purposive sampling technique with criteria of informants is a fourth grade student who has a top rank with a high value on learning Madurese Language. Data obtained from the informants are the informant 1 as the principal, the informant 2 as the fourth grade teacher, and the informants 3, 4, 5, and 6 are the representatives of the fourth graders of the academic year 2017/2018. Data collection techniques used observation techniques, interviews, and documentation. Data analysis is done by planning the research from before until after after in the field. The result of this research is that All students active in learning process and learning Madurese Language can form student character. The character of the students who formed in the fourth grade Madurese learning in SDN Paberasan II Sumenep is 7 characters from 18 characters expressed by Naim, ie the character of friendship/communicative, discipline, tolerance, creative, appreciate achievement, love to read, spirit of nationality Keywords: character, learning Madurese Language, Character Value