Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Mock-up Energi Alternatif pada Pembelajaran IPA untuk Kelas IV UPTD SD Negeri Buluh 1 Socah BangkalanPenulis : Muhamad Lutfi AnangDosen Pembimbing I : Moh.Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pengembangan media ini dilatar belakangi oleh minimnya ketersediaan media pembelajaran yang sesuai dengan materi, sehingga guru hanya menggunakan media gambar yang tersedia pada buku modul siswa. Media energi alternatif merupakan pengembangan dari media mock-up yang di dalamnya berisi miniatur pembangkit listrik sehingga diharapkan dapat membuat siswa semangat dan mudah memahami materi dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media mock-up energi alternatif untuk materi energi alternatif dan penggunaanya yang layak dari segi kelayakan, efektif dalam pembelajaran, menarik bagi siswa, dan mudah dalam penerapannya. Tahap penelitian dan pengembangan ini menggunakan model borg and gall yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji lapangan awal, revisi produk, uji lapangan operasional, revisi produk, uji lapangan utama, revisi produk akhir, desiminasi dan implementasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil persentase tingkat kelayakan sebesar 90,1%, tingkat kefektifan dilihat dari ketuntasan klasikal 88,24%, tingkat kefektifan dilihat dari aktifitas belajar 84,86%, tingkat kemenarikan 96,7%, dan tingkat keterterapan 88%. Hasil tersebut menunjukan bahwa media energi alternatif layak untuk digunakan, efektif dalam pembelajaran, menarik bagi siswa, mudah dalam penerapan, dan dapat diterapkan dalam pembelajaran IPA kelas IV di SD Negeri Buluh 1 kecamatan Socah kabupaten Bangkalan.
AbstractionThe development of mockup media is motivated by the lack of learning media availability that is suitable with the school subjects. Therefore, teachers only use images which available in the module book. The learning media of Alternative Energy is the development of mockup media itself which contains of power plants miniature to gain student enthusiasm and make them easier to understand. This research intended to develop mockup media as the alternative learning media for teacher by its effectiveness and attractiveness. Furthermore, this research uses Borg and Gall model phases that has been modified and adapted to the needs of the researchers. Those phases are research and collect all of the primary information, planning, developing the primary format of product, primary field test, first product revision, operational field test, second product revision, main field test, final product revision, dissemination and implementation. Based on the results of the research that has been done, the level of appropriateness percentage is 90.1%, the level of effectiveness seen from the classical completeness 88.24%, the level of effectiveness seen from the learning activities 84.86%, the percentage of attractiveness level is 96.7%, and the percentage of applicability level is 88%. These results indicate that Alternative Energy learning media as a form of Mockup media development is appropriate, effective, attractive, and easy to be implemented, including as alternative learning media of Science for 4th grade student of UPTD SD Negeri Buluh 1, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan.