Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas IV, V dAN VI di SDN Telang 2 KamalPenulis : Lia SavitryDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos.,M.Si.Dosen Pembimbing II :Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
Savitry, Lia. 2018. Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Perilaku Bullying Kelas IV, V dan VI di SD Negeri Telang 2 Kamal. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Pembimbing II: Andhika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.. ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, V dan VI SDN Telang 2 Kamal yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stratifikasi sosial terhadap perilaku bullying. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada Pengaruh yang signifikan antara stratifikasi sosial terhadap perilaku bullying berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan (uji-t), maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,028 dan ttabel t(?/2, n-2) = 2,007. Selain itu hipotesis diterima berdasarkan nilai thitung dan ttabel diperoleh thitung > ttabel, ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara stratifikasi sosial terhadap perilaku bullying di SDN Telang 2 Kamal Bangkalan. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui kontribusi yang diberikan variabel X (stratifikasi sosial) terhadap variabel Y (perilaku bullying) diperoleh sebesar 15% dan dapat disimpulkan bahwa stratifikasi sosial terhadap berpengaruh signifikan dengan perilaku bullying sebesar 15%. Kata kunci: Stratifikasi Sosial, Perilaku Bullying.
AbstractionSavitry, Lia. 2018.Effect of Social Stratification to Bullying Behavior In IV, V and VI class at Telang 02 Kamal elementary school. Thesis, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, University of Trunojoyo Madura. adviser I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. adviser II: Andhika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd Abstract This study is quantitative methode and applying associative approach. The target of this study are in IV, V and VI class in Telang 02 Kamal elementary school amount 54 students. This study aims to investigate effect of social stratification to bullying behavior . the result of this study shows that there is significant effect of social stratification to the bullying behavior Based on counting result of T-test ( UjiT) shows nilai thitung = 3,028 and ttabel t(?/2, n-2) = 2,007. Moreover, the hypothesis based on thitung and ttabel is thitung> ttabel. It shows Ho is rejected and Ha is accepted. So,there is significant effect of social stratification to the bullying behavior in Telang 02 Kamal elementary school. Determination test conducted to know the contribution from variable X (social stratification) to variable Y (bullying behavior) is obtained by 15%. It is concluded that the social’s stratification to bullying behavior is 15%. Key word: Social Stratification, Bullying Behavior