Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Ular Tangga 3D Pada Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Romawi Siswa Kelas IV di SDN Dlemer.Penulis : SumainiDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.,Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan materi sehingga mempermudah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Ular Tangga 3D untuk digunakan dalam pembelajaran Matematika materi bilangan romawi siswa kelas IV di SDN Dlemer. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono (2015:408). Penelitian memilih model pengembangan Borg and Gall karena model tersebut dipandang lebih sesuai digunakan dalam pengembangan media pembelajaran karena langkah-langkah yang disajikan lebih sistematis dan jelas, serta terdapat kegiatan uji coba dan revisi yang banyak sehingga media pembelajaran yang dihasilkan benar-benar layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji coba kelayakan dari validator yaitu ahli materi pembelajaran 88%, ahli media pembelajaran 94,66%, dan ahli desain pembelajaran 89,33% dengan kategori masing-masing sangat layak, (2) hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba produk sebesar 93,33% dan uji coba pemakaian sebesar 96,48 dengan kategori sangat menarik, (3) hasil uji keefektifan berdasarkan hasil tes tulis siswa dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%, berada pada kriteria peningkatan hasil belajar pada tingkat yang tinggi, hasil penilaian observer aktivitas guru dan siswa masing-masing 86,66% dan 88% termasuk dalam kategori sangat efektif, (4) hasil uji keterterapan berdasarkan respon guru yaitu sebesar 94% dengan kategori sangat mudah untuk diterapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah media Ular Tangga 3D sangat layak digunakan pada pembelajaran matematika materi bilangan romawi siswa kelas IV di SDN Dlemer. Kata Kunci: Media Ular Tangga 3D, Bilangan Romawi, Pembelajaran Matematika.
AbstractionMedia of learning is an equiment to be used as mediator to deliver material. so it simplifies in proccess of leraning. This study is aimed to expand media of 3D snakes and ladders to be used in proccess of learning roman numerals material at math for student of 4 class in elementary school of Dlemer. This study uses research development as methodology and Borg and Gall which is adapted by Sugiyono (2015:408) as a model. The writer decided to apply that model because that model is relevance to be used in extending media of leraning because the steps which are served more systematic and clear, and there is experiment and revisions. So media of learning which is produced is feasible to be applied. The result of this study shows (1) test of appropiateness from validator; skilled material of learning is 88%, skilled media of learning is 94,66%, and skilled design of learning is 89,33% By each category is feasible to be used. (2) result of interesting test based on students by product experiment amount 93,33%. And experiment of usage amount 96,48% by very interesting category. (3) result of effective test based on result of writing test of student by presantage amount 100% by high enhancement criteria. The result of observation scoring of tecahers and students activity amount 86,66% to 88%, it is included into very effective category. (4) result of usage test based on teachers’s response is 94% by very applied category. The conclusion of this study is media of snakes and ladders very appropriate to be used in learning roman numeral material at math for fourth class students in elementary school of Dlemer. Keywords : 3D Snake Ladder Media Roman numeral, Mathematic.