Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Tanjung Jati 1
    Penulis : Tri Winarni
    Dosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si,
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana,S.Pd.,M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental, penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Tanjung Jati 1 yang berjumlah 44 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh karena semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar dan motivasi belajar IPA siswa kelas V SDN Tanjung Jati 1. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual memberi pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Tanjung Jati 1, berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif (uji-t), maka diperoleh hasil data pretest nilai t hitung sebesar 1.76 dan t sebesar 2.02, hal ini berarti Ho diterima, sedangkan hasil data posttest nilai t xviii tabel sebesar 5.36 dan t tabel hitung sebesar 2.02, hal ini berarti Ho ditolak. Sehingga penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Tanjung Jati 1. Sedangkan hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 95.95 dengan kategori sangat baik. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Motivasi Belajar

    Abstraction

    This is a quantitative research with Quasi Experimental design. This research was performed to 44 fifth-graders in SDN Tanjung Jati 1 (State Elementary School of Tanjung Jati 1). Sample was taken by using saturated sampling technique for the sample in this study was taken from all the members of the population. This research attempts to find out the influence of contextual learning model toward the fifth-graders’ learning result and learning motivation to learn natural sciences in SDN Tanjung Jati 1. According to the result of the comparative test (t-test), pre-test data was obtained with the following score: t value 1.76 and t 2.02, that is to say that H is accepted. Meanwhile, the post-test data has 5.36 t o value score and 2.02 t score, it means that H o table is rejected. Therefore, it can be concluded that the implementation of contextual learning model has a highly significant influence toward the fifth-graders’ learning result and learning motivation to learn natural sciences in SDN Tanjung Jati 1. Meanwhile, the result of the analysis of the students’ learning motivation questionnaire obtained 95.95 average score with a very good category. Keywords : The Influence of Contextual Learning Model, Learning Result, Learning Motivation.

Detail Jurnal