Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG BERBUDAYA MADURA PADA MATERI MENYIKAPI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS V SDN BANARESEP TIMUR 1
    Penulis : Safrida Eka Fajri
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S. Pd., M. Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Pengembangan ini dilatar belakangi oleh kurang optimalnya media yang digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, keefektifan dan keterterapan media wayang berbudaya Madura. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa presentase kelayakan media wayang berbudaya Madura memperoleh hasil rata-rata presentase dari validator ahli materi, ahli bahasa, ahli desain, dan ahli media sebesar 86% (sangat layak). Kemenarikan media wayang berbudaya Madura diperoleh dari angket respon siswa pada uji coba produk sebesar 96% (sangat menarik), dan uji coba pemakaian sebesar 95% (sangat menarik). Keefektifan media diperoleh dari lembar aktivitas guru sebesar 88% dan lembar aktivitas siswa sebesar 91%, dan hasil belajar siswa sebesar 100% (sangat efektif) pada uji coba produk, dan pada uji coba pemakaian, lembar aktivitas guru sebesar 90%, dan lembar aktivitas siswa sebesar 91% dan hasil belajar siswa sebesar 95% (sangat efektif). Keterterapan media wayang berbudaya Madura diperoleh dari angkat respon guru pada uji coba produk sebesar 92% (sangat mudah diterapkan) dan uji coba pemakaian sebesar 90% (sangat mudah diterapkan). Sehingga, media wayang berbudaya Madura layak, menarik, efektif dan mudah diterapkan pada materi keragaman suku bangsa dan budaya. Kata kunci:, Media Pembelajaran, Wayang berbudaya Madura, IPS, Menyikapi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya

    Abstraction

    ABSTRACT This development is motivated by lack of optimal media used in the learning of Social Sciences. This research and development aim to find out the eligibility, attractiveness, effectiveness and puppets' media having Madurese cultures. The model used in this research is Borg and Gall model adapted by Sugiyono. Based on the research that has been done, it is found that the percentage of media eligibility of puppets having Madurese cultures obtained average percentages result from material expert validator, linguist, expert design, and expert media 86% (very eligible).The interest of puppets' media having Madurese cultures is obtained from questionnaires of student responses ona product trial 96% (very interesting), and a usage trial 95% (very interesting). Media effectiveness is obtained from teacher activity sheet 88% and student activity sheet 91%, and result of student learning 100% (very effective) nn product and usage trial, teacher activity sheet 90%, and student activity sheet 91% and result of student learning 95% (very effective). The effectiveness of puppets' media having Madurese cultures is obtained from questionnaires of teacher responses on product trial 92% (very ease to apply) and usage trial 90% (very easy to apply). Therefore, puppets’ media having Madurese culture is eligible, interesting, effective and easy to apply to subject materials about ethnic and cultural diversity. Keywords: Learning media, Puppetshaving Madurese cultures, Social Sciences, Responding to the diversity of the tribe and culture.

Detail Jurnal