Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PINGGIR PAPAS 1 SUMENEPPenulis : Nor Fajariyatul HasanahDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Umi Hanik, S. Pd., M. PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap hasil belajar dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan Quasi Experiment Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang dilaksanakan di kelas V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep sejumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, kuesioner, dan observasi. Berdasarkan hasil uji hipotesis hasil belajar siswa menggunakan uji-t dua sampel independent diperoleh thitung = 2,219 > ttabel = 2,032 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) sebesar 83,25% dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange (RTE) berpengaruh terhadap hasil belajar dan dapat menumbuhkan minat belajar siswa kelas V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange (RTE), Hasil Belajar, Minat Belajar Siswa
AbstractionThis reseach aims to determine the effect of cooperative learning type Rotating Trio Exchange (RTE) on students’ learning outcomes and interests. This research is a quantitative research using Quasi Experiment Design with the Nonequivalent Control Group Design form, implemented in class V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep 36 students. The sampling technique using is a saturated sample. Data collection techniques used were test, questionnaires, and observation. Based on result of hypothesis test result of student learning using t-test two independent samples obtained tcount = 2,219 > ttable = 2.032 so Ho was rejected and Ha was accepted, meaning there are difference of learning result which significant between experiment class and control class. While the students’ learning interest in learning using cooperative learning type Rotating Trio Exchange (RTE) of 83.25% with high category. So it can be concluded that the learning of mathematics using the model of cooperative learning type Rotating Trio Exchange (RTE) influenced the result of learning and can foster interest in students learning of grade V SDN Pinggir Papas 1 Sumenep. Keyword: Rotating Trio Exchange (RTE), Learning Outcomes, interest in student learning