Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flash Card Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas II SD Negeri Pademawu Barat 1Penulis : Desy RahmawatiDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S. Pd., M. Si.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S. Pd., M. Pd.Abstraksi
Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan media flash card terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Pademawu Barat 1. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Negeri Pademawu Barat 1 yang berjumlah 46 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes, lembar observasi dan angket. Data yang terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media flash card memberi pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Pademawu Barat 1, berdasarkan hasil perhitungan uji komparatif (uji-t), maka nilai posttest diperoleh thitung = 3,133 > ttabel = 2,015, hal ini berarti Ho ditolak. Artinya ada perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan eksperimen, sedangkan untuk hasil analisis angket motivasi belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 91,30 yang tergolong kategori sangat tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI berbantuan media flash card memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan menimbulkan motivasi belajar matematika siswa kelas II SD Negeri Pademawu Barat 1. Kata Kunci: Model SAVI, Flash Card, Hasil Belajar, Motivasi
AbstractionThis research is to know the effect of SAVI learning method with Flash Card toward students’ achievement and motivation in mathematics at second grade of SD Negeri Pademawu Barat 1. This is quantitative research with Quasai Eksperimental Design and Nonequivalent Control Group Design. This research is conducted at second grade of SD Negeri Pademawu Barat 1 that consists of 46 students. It used surfeited sampling. For gathering the data the researcher used test instrument, observation and questionnair sheets. The analysis technique is statistic anaysis. The result of the analysis showed that SAVI learning method with flash card gave affect teword students’ achievement in mathematics at second grade of SD Negeri Pademawu Barat 1, based on the result of tobtained, the posstest is tobtained = 3,133 > ttabel = 2,015, the null hypothesis (Ho) is rejected it means. That there is differece of achievement between control and experiment group, as for the matter of questionnair analysis motivation student learning obttained an average value of 91,30 which is categorized as very high, so it can be concluded that the implementation of SAVI learning method with flash card gave significant effect on the results of lerning and increase the motivation to learn mathematics students’ at second grade of SD Negeri Pademawu Barat 1. Key words: SAVI method, flash card, learning achievement, motivation