Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MAJALAH BERBASIS POTENSI LOKAL DAERAH UNTUK PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN KAJEKSAN SIDOARJOPenulis : DWI WAHYUNI MAULIDIYAHDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S. Sos., M. SiDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M. Pd.Abstraksi
Bahan ajar merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar majalah berbasis potensi lokal daerah yang layak, efektif, menarik, serta dapat diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, development, dan dessiminate. Kelayakan bahan ajar ini diukur oleh beberapa ahli yakni ahli desain media, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran. Berdasarkan persentase gabungan kelayakan bahan ajar majalah menurut beberapa ahli adalah 86%. Kemenarikan bahan ajar ini diukur dari hasil angket respon siswa pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Kemenarikan bahan ajar majalah ini mendapatkan persentase sebesar 95%. Keefektifan bahan ajar ini diukur dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran yang ada pada uji coba kelompok besar. Berdasarkan persentase gabungan keefektifan bahan ajar dari aktivitas guru dan aktivitas siswa adalah sebesar 90%. Keterterapan bahan ajar ini diukur dari angket respon guru yang memperoleh persentase sebesar 92%. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar majalah berbasis potensi lokal daerah untuk pembelajaran IPS kelas IV SDN Kajeksan Sidoarjo layak digunakan
AbstractionTeaching Materials is one of essential component to reinforce learning done by teachers with students. The aim of this research and development is to expand magazine teaching materials based on decent, effective, attractive, and applicable local potential of the region in learning. This research uses 4D model which consists of 4 stages: define, design, development, and disseminate. Expediency of this teaching materials is measured by numerous exerts which are media design experts, materials experts, linguists, and instructional design experts. Based on the combined percentage of the feasibility of magazine teaching materials according to a number of experts is 86%. The attractiveness of this teaching material is quantified by the result of questionnaire student response on individual trials, small group trials, and large group trials. Therefore, the attractiveness of this teaching material obtains 95% of the percentage. The effectiveness of this teaching material is graded by the result of teacher’s activity and student’s activity during learning process in the large group trials. According to the combined percentage of the teaching material effectiveness from teacher’s activity and student’s activity is as big 90%. The applicable of this teaching material is evaluated by questionnaire teacher response which acquires 92% of the percentage. All in all, based on the result of the data can be concluded that the development of magazine teaching materials based on local potential of the region for Social Science learning in 4th grade students of Kajeksan Elementary School, Sidoarjo, is appropriate.